Minggu, 20 Oktober 2013

Dear Writers...

12 comments    
categories: 
Quotes tetap quotes sebelum kita ngalamin sendiri. Kayak saya yang ketonjok sama quote lawas "Don't judge a book by its cover" pada siang dimana saya nemu buku Jagat Penulisan dan Penerbitan karya Bambang Trim di tumpukan buku terbitan Bumi Aksara lainnya.

Bukunya nggak terlalu tebal dan berwarna kuning oranye cerah, jadi bener-bener menarik perhatian saya. Covernya kayak buku pelajaran sekolah, tapi karena udah keburu penasaran sama isinya, ya dibuka deh. Lagian kalo ini beneran buku pelajaran sekolah, saya lupa tuh waktu sekolah dulu pernah belajar soal penulisan dan penerbitan. So, this book stole my heart in first sight.


Ternyata bener dugaan saya. Nih buku bukan buku pelajaran sekolah. Ini mah buku yang wajib dimiliki penulis dan mereka yang mau terjun di dunia penulisan. Anjir lah, kalo saya nemu buku ini dari dulu-dulu, saya ngak mungkin sempat ragu untuk menulis pertama kali. Isinya emang guidance bagi para penulis pemula maupun mereka yang udah lama bergelut di dunia penulisan dan penerbitan.

Dan yang bikin tambah catchy, buku Jagat Penulisan dan Penerbitan karya Bambang Trim ini nggak cuma berisi kumpulan petunjuk lewat kata-kata. Ada banyak ilustrasi, bagan, table, daftar, serta gambar yang bikin kita ngerti sama isi bukunya. Makanya saya bilang nih buku semacam buku wajib penulis. Memudahkan banget lah. Apalagi, pas saya Google nama penulisnya, Bambang Trim, ternyata Beliau orang lama di bidang penulisan dan penerbitan. Udah nulis beberapa buku soal penulisan dan penyutingan juga. :O


Gini deh, saya kasih tahu aja kenapa saya bilang nih buku wajib penulis, isinya aja begini :


  • Jenis-jenis pekerjaan di bidang penulisan, dan surprisely ada range gajinya :))
  • Jenis-jenis tulisan, nih perlu banget buat kamu yang mau eksplor variasi tulisan
  • Ceklis apa aja yang kamu kudu bikin sebelum menulis
  • Cara gampang menyunting dan merevisi naskahmu
  • Bocoran petunjuk untuk mengirim naskah ke penerbit dan dikasih tahu triknya biar lolos pula :D
  • Teknis kerja di penerbitan, ini perlu banget nih diketahui penulis. Biar tahu kemana alur naskahmu dan apa yang terjadi saat naskahmu diterima di penerbit
  • Jalur pendidikan formal kalo kamu pengen jadi penulis atau kerja di penerbitan. Well ini menurut saya penting banget sih, karena ga banyak orang tahu. Jadi such a precious information gitu. :D
  • Dan masih banyak lagi lah. Masa iya saya bocorin satu-satu :P


Kalo kamu mau dapetin bukunya, bisa aja ke toko buku terdekat atau bisa hubungi langsung Mas Rully Maulana (081311201945). Tapiiii, kabar baiknya adalah, buku ini mau saya bagikan gratis buat kamu! Iya, GRATIS dan caranya gampang :


  • Peserta kuis adalah follower @dinikopi, jadi kalo menang mudah dihubungi via DM
  • Tweet alasan kenapa kamu senang nulis, sertakan blog kamu jika ada. Dengan format : alasan kamu senang menulis + blog jika ada #KuisBuku @dinikopi
  • Jumlah tweet terserah kamu. Mau satu doang atau bikin dua puluh tweet, silakan saja.
  • Jumlah tweet nggak memengaruhi penentuan pemenang, alasan yang paling kece dan unik, jadi pemenangnya
  • Saya akan memilih dua orang pemenang yang masing-masing akan mendapat satu buku Jagat Penulisan dan Penerbitan karya Bambang Trim
  • #KuisBuku ini berlangsung 4 hari, dari tanggal 21-24 Oktober 2013. Penutupan jawaban jam 23.00 WIB ya.
  • Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Minggu, 26 Oktober 2013 jam 20.00 WIB di Twitter @dinikopi
  • Ongkos kirim buku, akan saya tanggung. Pokoknya pemenang tinggal duduk manis nunggu bukunya sampai di rumah. Yeay! :D


Jadi, saya tunggu tweet kamu buat menangin Jagat Penulisan dan Penerbitan karya Bambang Trim ya. Terus menulis, dear writers. Feed your writings by keep reading bunch of books :)

-- hit me on @dinikopi

12 komentar:

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?