Sabtu, 26 Maret 2011

H1 di #Misi21

1 comment    
categories: 


Saya adalah penggemar buku Rene Suhardono yang berjudul "Your Job is not Your Career". Dan mulailah saya meng-follow akun twitter beliau. Nah, sampailah pada tadi siang, saya melihat Rene menaruh hashtag #Misi21 dan mention akun @Misi21. Karena penasaran, saya klik, dan tadaaaa, hasilnya malah membuat saya terinspirasi.


Jadi, #Misi21 adalah tantangan buat diri kita, sejenis komitmen diri sendiri gitu. Selama 21 hari berturut-turut kita melakukan sesuatu yang jarang atau sama sekali tidak pernah kita lakukan. Namun kegiatan ini harus yang bisa memberi kepuasan batin terhadap kita sendiri, membuat kita senang, dan meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri. Berbuat sesuatu yang awesome, unique, dan priceless :)

Dan, saya sudah memutuskan bahwa #Misi21 dimulai hari ini.

Tadinya saya bingung, hal unik apa yang ingin saya lakukan untuk hari pertama. Pilihan-pilihan sudah banyak berputar centil di kepala. Cuma masih belum memutuskan. Akhirnya saya pikir, akan jadi asyik kalo spontan. Jadilah saya mengikuti rencana pergi hari ini saja. Kebetulan, hari ini tanggal 26 Maret 2011, yaitu hari dimana malamnya akan ada Earth Hour. Tadinya malah saya kepikiran untuk Earth Hour-an di kantor. seru kali ya, kalo Earth Hour sambil ngeriung di meja makan kantor dan diskusi tentang filsafat disana. Tapi ternyata eh ternyata, anak-anak kantor malah pulang satu per satu. Dan saya akhirnya pulang jam 20.08 dari kantor, bersama tiga rekan saya yang lain.

Saat itu saya mikir, wah bakal Earth Hour di jalan nih. Wah, saya jadi teringat tweet-nya Alanda Kariza dan Rifat Najmi tentang Earth Hour. Saat nanti pukul 20.30-21.30, banyak orang akan saling ngetweet tentang Earth Hour, dan kemungkinan besar akan jadi Trending Topic, lalu dimana esensi dari penghematan listriknya? Well, bener juga ya. Jadilah saya mulai dari pukul 20.11 mematikan handphone. Dan jalan pulang ke kosan. Sampai akhirnya saya nyalakan lagi handphone pada pukul 21.38

WAW! ini nih yang namanya inspirasi yang membuat saya tergerak untuk membuat sesuatu yang berbeda. Tahun lalu, saya Earth Hour dengan mematikan listrik utama di rumah, dan duduk ngeriung di teras rumah sama keluarga sambil cerita-cerita. Karena sekarang saya gak pulang, jadi saya berkontribusi dengan mematikan handphone dan stop ngetweet atau bikin status facebook (listrik di kamar kosan memang sudah dimatikan).

Hari pertama saya dalam #Misi21, sudah terlaksana! Mission Accomplished!
Mematikan handphone selama Earth Hour seems little, but indeed I am satisfied..

1 komentar:

  1. sya dah lama banget penasaran ma buku itu Din, "Your job is not your career".. belum kesampaian belinya.. moga2 dalam waktu dekat kesampaian...
    yup, membiasakan dri dengan perubahan kecil yang konsisten kita lakukan.. like it..

    BalasHapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?