Talkshow pertama saya langsung kepincut sama obrolan tentang Webseries yang dibawain sama Dennis Adhiswara, itu lho terkenalnya sih pas jadi bintang FTV. Talkshownya digelar di mini stage tiga. Sesuai talkshow itu, saya nggak beranjak dari mini stage tiga dan ternyata muncul lah one of my favorite social media persons, Shafiq Pontoh!
Gambar dari : http://pinterest.com/pin/73957618850209902/ |
Kunci dari suatu komunitas untuk bisa menggaet brand untuk mensponsori komunitas adalah, cari inti nilai sosial yang dibawa oleh komunitasmu, lalu temukan satu brand yang "komunitasmu" banget. Misalnya nih Mas Shafiq di komunitas IDBerkebun, pastinya akan ngegaet perusahaan bibit tanaman dan pemasok air untuk mensponsori komunitasnya.
Iya dong, inti dari komunitas berkebun adalah menanam sesuatu dan mengairi serta merawatnya dengan teratur sampai menghasilkan sayur atau buah kan? Nah, bibit bisa minta dari brand, air juga. Beres kan. Komunitasmu tersponsori dengan baik. Brand juga nggak komersil-komersil banget, karena emang produknya itu inti dari komunitas kita. Simbiosis mutualismenya dapet banget.
Misalnya lagi, kamu punya komunitas Bike To Campus, carilah brand yang bisa memasok sepeda untuk komunitasmu, Ini misalnya lho ya. Karena kan inti dari komunitas bersepeda ya sepedanya itu sendiri. Jangan cari brand pemasok handuk untuk lap keringat untuk jadi sponsor komunitas bersepeda. Pasti jadinya akan sulit membaurkan kepentingan komunitas dan brand. Kalo selek kan sayang banget kerjasamanya putus.
Mas Shafiq juga menyontohkan studi kasus dalam acara. Misalnya pas acara PictFest di Desember 2011 lalu. PictFest itu adalah acara yang diprakarsai SalingSilang untuk memfasilitasi para penggiat social media (dominasi sih dimeriahkan oleh komunitas) yang suka berbagi gambar! Kayak komunitas travelling, komunitas kuliner, dan masih banyak lagi. Karena emang berbagi gambar berarti menceritakan ribuan kisah kan ;)
Nah, untuk menggelar acara sevisual ini, SalingSilang butuh banyak sekali proyektor agar semua gambar bisa ditampilkan dengan maksimal. Tapi masalahnya sewa satu proyektor aja mahalnya bukan kepalang. Apalagi kalo mau memfasilitasi puluhan proyektor. Duitnya darimana? Akhirnya mereka deketin Acer untuk mau mensponsori acara ini. Jadi di acara PictFest proyektor yang berjejer itu digunakan maksimal untuk mendukung acara. Dan jelas-jelas publik bisa lihat semuanya empowered by Acer.
Nah kan, komunitas untung, brand juga dapet publisitas. Simbiosis mutualismenya dapet banget ;)
Gambar dari : http://pinterest.com/pin/269230883945092992/ |
Hayooo, follow dan like gih akun-akun brand di Social Media. Biar komunitasmu bisa menemukan brand yang cocok! :D
-- hit me on @dinikopi
Oke sip banget nih Simbiosis mutualisme...
BalasHapusHo oh, lo untung, gw untung,
Hapusbegituuuu :D
oh begitu ya , makasih deh sharingnya
BalasHapusSama-sama Mbak Tira :D
Hapus