Rabu, 11 Mei 2011

H8 di #Misi21

No comments    
categories: ,
I really want to communicate with foreigner directly.
Bukan berarti  belum pernah. Sebagai mantan siswa International Class, pasti pernah berkomunikasi langsung dengan native speaker. Tapi, bicara langsung ini saya artikan dengan benar benar ngobrol tentang pikiran-pikiran saya. Sharing lah gitu. dimana transfer pengetahuan secara aktif terjadi disana. Apalah arti kehadiran native speaker dalam obrolan "truly sharing" yang saya inginkan.

Akhirnya, kesampean juga ketemu beberapa Vietnamese di "Promoting Integrity - My Dream, My Way, My Action" Workshop saat Transparency International Indonesia dan SPEAK. Disini saya gak akan ulas bagaiman alur workshop, karena itu akan saya tulis untuk SPEAK di SINI nanti.

Banyak pengalaman-pengalaman baru saat berkomunikasi dengan mereka.
Bahwa ternyata budaya Vietnam dan Indonesia tidak jauh berbeda. Padahal saya pikir dulu, yang namanya luar negeri itu pasti beda lah budaya nya seratus persen dengan Indonesia. eh, setelah berinteraksi dengan mereka langsung, ternyata prinsip dasar dalam budaya Vietnam hampir sama dengan di Indonesia. Mungkin karena masih di Asia kali ya.

Bahwa ternyata saya bisa berbicara English secara lancar dengan mereka walaupun TOEFL saya belum mencapai 500, hehe.

Bahwa adakalanya saya menemui kesulitan untuk menjelaskan sesuatu yang bersifat teknis kepada mereka. Maksudnya gini, kan di worshop kita semua dibagi dalam beberapa kelompok. Dan sesama kelompok harus bekerja sama untuk membuat sesuatu, seperti poster, cultural performance, mind map, dan lain-lain. Pastinya proyek-proyek itu, butuh penjelasan panjang lebar yang bersifat detail kan. Nah, adakalanya agak susah mengkomunikasikan ke mereka apa yang kita maksud secara tepat. Sehingga perlu beberapa kali penjelasan barulah dicapai kesepakatan.

Bahwa Vietnamese dan Indonesia sama sama freak foto!

Bahwa ternyata ada enaknya juga pemerintahan stabil seperti di Vietnam. Secara mereka cuma ada satu partai politik. Iya sih, suara rakyat gak akan benar-benar diperhitungkan seperti di Indonesia, tapi negaranya menjadi stabil dan mudah diatur.

Bahwa biasanya orang Indonesia akan memiliki logat yang berbeda saat berbicara dalam bahasa Inggris.

Bahwa Vietnamese yang saya temui ini adalah orang-orang yang sangaaaat hebat dan ramah :)





Ah, banyak lah pengalaman baru yang saya dapat dari hasil interaksi saya dengan foreigner di workshop ini.
Congratz dini for being success to challenge yourself to communicate with foreigners!

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?