Jumat, 05 September 2014

Cara Menghadapi Perempuan yang Lagi (Pra) Menstruasi

7 comments    
categories: 
Siapa bilang menstruasi itu enak?
Menstruasi memang hal yang rutin bagi perempuan. Tapi, rasa sakitnya nggak pernah sama rasanya seperti bulan-bulan kemarin. Selalu aja terasa sakit dan bikin meringis. Yang perempuan, iya apa iya :))

Tapi, saya mau nulis postingan ini buat cowok. Kalo pacar mereka menstruasi, biasanya cowok agak kelabakan menghadapinya. Pertama karena mereka nggak pernah menstruasi seumur hidup, jadi nggak punya bayangan bagaimana sakitnya dan bagaimana merepotkannya. Kedua, karena cewek yang lagi PMS atau menstruasi, tingkahnya jadi lebih ajaib. Menghadapi perempuan yang lagi nggak menstruasi aja kudu hati-hati, apalagi yang lagi menstruasi. Brace yourself.

Gambar dari sini

Oh iya, sebelumnya, buat cowok yang masih bingung, musti dibedakan lho ya PMS dan menstruasi. PMS itu kan kepanjangannya Pra Menstruation Syndrome. Jadi artinya, masa-masa sebelum menstruasi, dinamakan PMS. Dan rentang waktunya berbeda untuk tiap cewek. Ada yang PMS seminggu, dua minggu, atau tiga hari sebelum menstruasi.

Sedangkan menstruasi itu sendiri ya, saat di mana telur si cewek nggak dibuahi sama sperma cowok, sehingga luruh. Ini nih yang menyebabkan keluarnya darah. Kalo ada yang bilang, menstruasi itu adalah keluarnya darah kotor, salah banget sih menurut saya. Karena yang luruh adalah sel telur yang tidak dibuahi, bukan darah kotor. Dan FYI, keluarnya dari rahim ke vagina. Dan lamanya menstruasi untuk tiap cewek, beda-beda. Ada yang empat hari kelar, ada yang seminggu kelar. Tapi, normalnya ya cewek menstruasi sehari sampai seminggu. Kalau lebih dari dua minggu (kalo ga salah, silakan dicek lagi), si cewek kudu ke dokter. Takutnya ada apa-apa dengan rahimnya. :3

1) PMS
Cewek pada umumnya, akan mulai rewel saat PMS. Ini karena hormonnya lagi naik-naiknya dan nggak stabil. Berujung pada cewek jadi suka marah-marah, cemburuan, manja berlebih, bertingkah aneh, muka jadi lebih berminyak dan jerawatan, porsi makan jadi banyak, dan pada beberapa kasus, mudah terangsang. Pokoknya, pada saat PMS, si cewek bertingkah nggak seperti biasanya. Dia lebih mudah disulut emosinya dan ini yang kadang bikin cowok jadi keki juga. Diladenin salah, dicuekin salah, apa-apa terasa salah buat si cewek.

Well, buat si cewek juga sih, dia juga nggak ngerasa nyaman saat PMS. Apa-apa rasanya nggak enak. Moodnya naik turun banget. Jadi sulit dikendalikan. It frustrates us too, boys. Believe it. :P Karakter tiap cewek saat PMS kan beda-beda ya. Ada yang lagi PMS malah makin galak, ada yang tadinya pendiem malah jadi bawel ngomong ini itu, ada yang malah jadi diem aja karena nahan sakit, ada yang tiap hari kerjaannya nangis aja nangis, ada yang tiba-tiba makan sehari lima kali. Beda-beda, tapi intinya mood mereka lagi nggak bisa ditebak.

Yang bisa para cowok lakukan, sebenernya cuma memfasiliti mereka sih. Si cewek marah-marah, biarin aja, dengerin aja omelannya. Si cewek lagi diem nahan sakit, tawarin obat. Jangan ditanya "kamu kenapa?" sering-sering. Kalo kalian udah tahu dia lagi PMS, udah banyakin stock sabar aja. Dan inget yang di depan kamu itu nggak sepenuhnya karakter si cewek. It's her being controlled by her unstable mood. Banyakin aja kasih mereka perhatian, kaena pada intinya kami para perempuan lagi gamang gara-gara mood dan butuh tempat bersandar yang lebih kokoh. Aih, begitulah :D

2) Menstruasi
Nah, saat menstruasi ini, pada umumnya si cewek akan lebih ngerasa sakit dan nggak nyaman dengan badannya. Biasanya, si cewek akan mulai kemana-mana bawa pembalut. Dan dia akan sering ngecek ke kamar mandi untuk melihat udah menstruasi apa belum. Kalo ternyata udah, here we go. Perubahan sakit di tubuhnya mulai menjalar.

Menstruasi itu sakit, ya bayangin aja sel telur si cewek meluruh dan turun perlahan dari vagina ke pembalut. Dan peluruhan sel telur ini yang bikin meringis-ringis. Rasanya kayak usus kamu ditarik, terus dipelintir-pelintir, tapi lokasinya di vagina. Eugh, nggak enak banget kan? Nah, tapi tiap cewek kan beda-beda sakit menstruasinya. Ada yang sakit banget, ada yang malah biasa aja bisa pecicilan. Kalau sakit menstruasinya sampai bikin pingsan (dan terjadi selama berbulan-bulan), maka si cewek kudu di diperiksain ke dokter. Ngerinya ada apa-apa :(

Gambar dari sini
Pada umumnya sih, sakit banget menstruasi pada cewek, berlangsung pada hari pertama sampai hari ketiga. Itu rasanya punggung sampai area pinggang, akan pegal. Dilanjut dengan perut mules atau mual dengan frekuensi yang hilang timbul. Belum lagi sakit di area vagina seperti yang saya deskripsikan di awal. Jadi bayangkan kamu jalan sama cewek yang lagi sakit kayak gini, biasanya dia pengen cepet-cepet pulang biar tiduran. What you have to do boys, is let her rest. Tapi kalo dia ngaku nggak apa-apa, ya biarin aja pecicilan. Tapi karena hari pertama dan ketiga itu biasanya lagi deras-derasnya sel telur meluruh, jadi si cewek pasti akan bolak balik ke kamar mandi ganti pembalut. Masa iya nggak diganti seharian? Ih rasanya lembab dan jorok banget :(

--

Apa yang harus para cowok lakukan, adalah banyak sabar aja sih. Berharap agar PMS dan menstruasi si cewek cepat berakhir. Fasilitasi si cewek selama masa PMS dan menstruasi, sebaiknya jangan ditinggal-tinggal, jangan diribetin balik, dikasih perhatian yang proper, at least she knows you are there everytime she needs it.

Kalau dikasih pilihan pun, kami para perempuan juga maunya menstruasi dengan aman dan lancar. Tapi apa daya, menjaga mood memang harus dilatih, dan sakit di tubuh saat menstruasi bisa saja tak terelakkan. Jadi, kami pun agak kesulitan mengontrolnya walau tiap bulan mengalaminya :))

Memang ada beberapa cara untuk meredakan sakit saat menstruasi atau PMS, beberapa saya bagi di sini. Mungkin perempuan yang lain boleh bagi pengalamannya untuk meredakan sakit PMS dan menstruasi. Karena ya sekali lagi, tiap perempuan akan punya pola PMS dan menstruasi yang berbeda. Apa yang saya baikan adalah pola umum. So, para cowok sebaiknya jangan merasa tabu untuk mengobrol soal ini ke ceweknya. Tanya apa yang dia rasakan, maunya digimanain, apa yang membuat dia bisa reda, dan lain-lain. Nggak dosa kok nanya. Malah kan enak jadi nggak kelimpungan saat masanya PMS dan menstruasi datang :)

Yang mau berbagi pengalaman PMS dan menstruasi, atau menghadapi perempuan yang lagi PMS dan menstruasi, monggo boleh di kolom komentar :D

-- hit me on @dinikopi

7 komentar:

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?