Rabu, 01 Juli 2009

IP again again and again...

No comments    
categories: 
IP...
lagi lagi jadi bahan pembicaraan yang sensitif dan mendalam
buat gue...

IP...
satu topik yang krusial di kalangan mahasiswa..
ada yang teriak jejingkrakan begitu liat IP
ada juga yang langsung masang muka MaDeSu (baca : Masa Depan Suram)

huh..
gitu deh..
sekali lagi gue paling ogah kalo disuruh ngomong
IP gue berapa...
yang secara, kecil banged...
memalukan deh buat gue...
palagi dengan semua idealisme keluarga gue..
yang sayangnya bertolak belakang ma idealisme gue...

IP tetep IP...
kuliah adalah usaha..
tapi gue gak setuju kalo bilang kuliah mutlak sama dengan belajar...

karena gue ngerasain dapet pelajaran yang AMAZING banged
bahkan bukan di ruang berdinding empat itu...
tapi di organisasi, di masyarakat...
tapi apa orang tua gue mau peduli??

apa sih mahasiswa yang ideal?
definisi demi definisi bermunculan..
"mahasiswa yang dapet IP 4 tiap semester!"
"mahasiswa yang gak cuma kuliah, tapi juga berorganisasi"
"mahasiswa yang disiplin membagi waktunya antara kuliah dan organisasi"
"mahasiswa yang jadi kesayangan dosen"
"mahasiswa yang hobi menggandoli juara-juara nasional"

well,
itu baru beberapa...
masih banyak definisi-definisi lain...

tapi sekarang coba direnungin lagi,
pa mahasiswa yang selalu dapet IP 4 adalah jaminan dia bakal bahagia?
bermasa depan cerah?
well, ada salah satu teman baik gue bilang,
dapet A total, dia malah bingung bagaimana harus bereaksi..
karena setelah semua A, abis itu ya udah...
karena dia merasa hanya menjalankan kewajibannya aja...
abis itu, YA UDAH...
hemmm...

well, lo boleh merasa bangga dapet A..
dapet semua prestise itu..
tapi abis itu?
di dunia kerja, pa lo bisa jamin lo bakal dapet
kerjaan yang bonafit?
gak kan?

oke..
ini mungkin terlihat seperti pembelaan diri..
tapi, gue cuma mau share aja apa yang ada di pikiran gue..
supaya orang-orang bisa setidaknya memahami sedikit
kenapa gue memilih organisasi sebagai jalan hidup gue...

oke gue tahu gue menghabiskan BANYAK waktu di organisasi
daripada ketemu kalian, wahai temanku di kelas..
ada yang nyerocos, katanya ketemu ma gue susah
karena saking seringnya gue bolos demi ikut acara ini itu...
gue salah..
definitely wrong, friend...

gak seharusnya gue menomorsatukan itu semua daripada
diktat-diktat kuliah..
tapi apakah lo tau?
lo bisa dapet apa aja yang lo butuhin di dunia kerja dari organisasi..
link, skill, teknik negoisasi, teknik komunikasi,
self-management, bla bla bala...

gue bahkan memaksa diri gue untuk jadi cewek multitalenta
untuk ngehandle semua kerjaan organisasi pe kuliah gue..
MULTITALENTA, wow think about it!
hufft...

kalo mau berhasil di dua duana, mang musti jd multitalenta..
contoh,

kalo biasana lo gak mudeng dengan sekali penjelasan dosen,
kali ini lo musti ngerti hanya dengan sekali omongan, karena lo
gak puna waktu banyak wat mengulang pelajaran di rumah...

kalo biasana lo lama ngerjain apa apa, kali ini lo musti
serba cepat ngerjain pa pa karena lo gak puna waktu berlebih..

tapi well, i must admit gue belum bisa jadi ce multitalenta..
buktina, gue masih lum bisa ngehandle kuliah..
salah satu teman baik gue berkata,
"kalo lo bisa aktif di organisasi, kenapa lo gak bisa
aktif di kuliah juga?"
well simple question, but with "never simple" answer...

well,
gak ada gunanya juga menyesali yang udah terjadi..

kalo lo tanya,
apa gue masih mu aktif di oragnisasi after all these?
jawabannya,
IYA..

tapi setidaknya gue mu bener2 disiplin dalam membagi waktu..

idealisme tetep idealisme..
gak semua idealisme bisa diterima banyak orang...
idealisme gue bisa saja salah..
tapi satu yang gue tahu...
sejak dulu, gue hidup dari ORGANISASI..
dan gue gak akan pernah niggalin itu...

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?