Sabtu, 04 Agustus 2012

Klise Sih, Tapi Nyokap Bener :')

No comments    
categories: 
Perjalanan dari dan menuju kantor memang waktu yang tepat buat saya ngelamun. Biasanya sih mikirin kenapa ini bisa begini, kenapa hal itu kok kejadian. Kontemplasi lah bahasa kerennya. Kontemplasi ringan aja, nggak perlu yang gede-gede ampe pusing, namanya juga iseng :)

Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/269230883944622117/
Hari ini, saya terlibat percakapan intens tapi sekilas (gimana sih?) dengan seseorang. Topiknya mengenai tanggung jawab. Cerita dia membuat saya teringat pada jaman-jamannya saya masih SMP-SMA. Jamannya penuh kebebasan, berpikir saya udah gede banget jadi bisa melakukan hal-hal yg saya mau dan meninggalkan yang saya nggak mau.

Sounds familar?
Hey, admit it, you also have been through that old glory times :))

Saat itu, saya emang lagi keras kepala banget. Pergi sekolah nih, pulang resminya sih siang, tapi main dulu kemana gitu entah sama temen atau pacar, terus pulangnya malem deh. Ngabarin sebelumnya kalo mau pulang telat? Nggak dong :)) Nyampe rumah, langsung pergi ke kamar, nutup pintu, belajar, lalu tidur. Keluar cuma kalo ada perlunya doang.

Otomatis nyokap saya ngomel-ngomel sepanjang hari. Jaman-jaman SMP khususnya, itu jamannya nyokap saya serasa seperti penyanyi opera yang tiap hari konser. Saya pengang dong, alih alih mendengarkan keinginan nyokap, saya lalai. Sebenernya, nyokap sih cuma pengen hal-hal simpel kayak harus ngabarin kalo pulang telat, pulang sore biar bisa bersihin rumah, sampai jangan lupa ngajar sehabis pulang sekolah.

Sekarang sih terdengar simpel, dulu? Duh boro-boro, pekerjaan membersihkan rumah dan ngajar ini jadi ogah banget saya lakuin. Ada aja alasannya, kayak males lah, nggak sempet karena banyak PR lah, ekskul sampe sore lah, udah capek banget, besok ada ujian, dan masih banyak alasan kreatif saya untuk lepas dari tanggung jawab.

Waktu itu, nyokap nggak segan-segan untuk ngebentak saya bahkan sampe nyubit dan kasih hukuman kalo saya lalai. Kejam? Dulu sih terlihat kejam banget. Saya bersungut-sungut terus deh, sampe merasa kayaknya nyokap nggak suka ngeliat anaknya hidup dengan tenang gitu. Setiap saya marah, nyokap selalu ngomong "Nanti kalo Dini udah gede pasti ngerti!" dan itu artinya saya nggak bisa meracau pertanyaan lagi.

Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/269230883944495058/
Sekarang, saya suka senyum-senyum sendiri kalo inget jama-jaman itu. Iya, saya bandel banget ya, wajar sih. Namanya juga proses pembelajaran. Yang sekarang saya tahu kenapa nyokap saya sampe segitunya ngedidik saya buat mandiri. Nyokap ngedidik keras itu karena sayang sama anaknya. Beliau pengen saya siap untuk masa depan saya, mau bertanggung jawab, dan juga tahu artinya kerja keras.

Walau nyokap bisa aja menggantikan saya di kelas yg saya ajar dulu, beliau memilih nggak melakukannya. Kenapa? Karena seberapa banyak alasan saya untuk menghindar, sesibuk apapun saya, namanya tanggung jawab ya tetep tanggung jawab. Nyokap ngedidik buat nggak ngecewain orang lain, udah janji ada kelas hari itu, ya datang. Udah janji mau nyelesain tanggung jawab, ya selesaikan. Kalo bener-bener nggak bisa, cari waktu lain yg mana semua bisa. Pokoknya jangan sampe ngecewain orang deh kalo soal tanggung jawab.

Soal beresin rumah juga gitu, nyokap sejak saya kecil selalu mengulang kalimat "Kak, kita itu bukan orang kaya yang bisa nyewa pembantu ya. Kalo ada kerjaan di rumah, dibantuin ibunya. Biar duitnya bisa buat sekolah.". Aih, rasanya nyes gitu. Mau nggak mau ya dikerjain. Yap, sejak kecil saya dididik dengan prinsip "Kita bukan orang kaya kak, makanya harus kerja keras."

Iya, di metromini siang tadi, saya kepikiran ini gara-gara membicarakan topik yang serupa dengan seseorang. Dan akhirnya menyadari, nyokap ngedidik keras itu bukan pengen anaknya sengsara, nyokap kayak gitu karena sayang sama saya, sayang sama anaknya.

Sekarang saya bener-bener ngerti ucapan "Kalo ibu nggak sayang, udah ibu biarin aja itu, Dini".
Ah, ternyata ekspresi sayang itu banyak banget macemnya ya. Sayang itu nggak cuma manjain atau dipeluk saat susah, tapi juga dikerasin biar kita kuat.

Maybe I would do the same things to my future children. Being a tough person someday, is what I want my kids be in the future! :)


Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/269230883944494894/



-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?