Senin, 19 Juli 2010

Talking About Human Rights

No comments    
categories: 

beberapa hari ini saya merasa tergelitik dengan isu Hak Asasi Manusia, yah katalisnya mungkin pertama kali dibahas dalam Global Citizen Corps Youth Camp lalu, tetapi saat itu saya belum terlalu tertarik seperti ini, namun pada setelah meeting di club SPEAK (Suara Pemuda anti Korupsi), saya merasa, saya harus melakukan sesuatu dalam isu Hak Asasi Manusia

sangat berterima kasih kepada youthforhumanrights.org karena setelah selesai meeting, kami menonton short movie tentang Human Rights dan ada salah satu scene dimana sekelompok anak-anak berkeliling untuk membacakan 30 hak-hak asasi manusia kepada siapa saja yang bisa mereka temukan

dan tiba-tiba lampu di otak saya menyala dan berkata, hey this is BRILIANT ! voila! karena scene itulah saya ingin meniru niat baik mereka untuk menyebarkan daftar Hak Asasi Manusia. saya ingin masyarakat tahu bahwa mereka berhak atas ini dan itu, bahwa mereka sangat boleh menuntut hak mereka, bahwa semua pelanggaran atas ketidakadilan yang mereka rasakan bukanlah kesalahan mereka, tapi itu adalah kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia.
trust me, they deserve those !

ya, berat memang jika berbicara tentang kesadaran, apalagi saya tinggal di Indonesia, di negeri dimana orang-orang yang bersikap apatis berbicara lebih keras daripada mereka yang peduli. tapi saya yakin, ada banyak orang yang sependapat dengan saya. Ada banyak orang yang akan mendukung apa yang akan saya lakukan. dan saya pun melakukan ini untuk mereka, untuk masyarakat Indonesia yang sangat saya pedulikan.

sudah saatnya pandangan tabu atas isu Hak Asasi Manusia terhapuskan. kasus perampasan hak mutlak ini bukanlah masalah biasa. ini kasus berat yang sudah seharusnya diberi porsi yang lebih besar dalam hukum Indonesia. oke, saya tahu bahwa ada banyak kasus yang lebih mengerikan daripada rintihan masyarakat yang haknya dirampas. Tapi, hey! coba kalau kita terus-terusan mengacuhkan isu ini dan saya tak akan heran lagi jika beberapa belas tahun mendatang masyarakat tak mengenal Hak Asasi Manusia.

saya menyebut ini dengan soft campaign. Kampanye dimana secara halus dapat membuka pandangan masyakarat akan bagaimana seharusnya mereka diperlakukan. ide ini baru mampir di pikiran saya. Langkah selanjutnya adalah mencari partner sebanyak banyaknya untuk menyebarkan informasi emas ini kepada seluruh masyarakat.

wuhuu, saya sangat bersemangat sekali dalam proyek ini. saya yakin, dan harus yakin bahwa akan ada kesuksesan menanti di depan untuk niat mulia ini
:)

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?