Sabtu, 11 Desember 2010

Human Rights Around Me

No comments    
categories: 
Kemarin adalah World Human Rights Day.
Dan saya sudah menetapkan diri sebagai Human Rights Activist, jadi rasanya gak lengkap kalo saya belum nulis tentang hak asasi manusia di blog ini.

Tahun ini, tema yang diusung oleh HAM adalah anti diskriminasi. Itulah mengapa jika dicermati beberapa kali tulisan saya tentang hal-hal yang berbeda, yang sering orang kucilkan, yang kerap orang diskriminasikan. Kemarin hari hak asasi manusia. Saya jadi penasaran apa yang kamu lakukan untuk menghormati hak asasi manusia ornag lain?

Kemarin bukan hanya sebuah hari dimana kamu bisa men-tweet "Happy Human Rights Day", tapi esensinya jauh lebih besar dari itu. Hak asasi manusia disepakati untuk menghargai orang lain, jika kamu gak mau peduli dengan HAM orang, itu sudah cukup membuktikan kamu ga berniat untuk menghargai orang itu. Even, kepada dirimu sendiri. Kemarin seharusnya jadi hari yang membuat setiap orang merasa dihargai dan dihormati.

kemarin saya masih mendengar seseorang melabeli sebutan alay pada suatu kelompok. Oke, siapa sih yang gak pernah, saya sendiri pernah. Ups, tapi semestinya ga begitu caranya. Kita mungkin gak suka sama orang yang bergaya seperti yang kita maksud dengan alay, tapi bukan berarti mereka berhak kita jauhi. Mereka tetap layak jadi teman kita, they deserve our kind and care. Beberapa hari lalu juga saya masih dicurhati oleh teman cowok saya yang suka warna pink dan ungu, dan seperti yang bisa kau tebak, dia malu pake baju warna itu. Kenapa? takut dilabeli. Well, jahat sekali ya yang ngelabel.

Jahat disini bukan berarti kriminal lho. Ada bedanya antara tidak menghargai HAM seseorang dengan menjadi seorang kriminal, haha.

Lihat disekitar kamu deh, ada gak orang yang kamu sebelin banget, tapi gatau alasannya kenapa, pengen nyebelin dia aja. Mungkin karena gaya nya yang gak banget, cara ngomongnya yang sok, mukanya yang dari sononya udah jelek, reputasinya yang ga lo suka, atau apapun deh. Di hari Hak Asasi Manusia ini, walau udah telat, yuk ajak ngobrol mereka 10 menit aja. dan lihat gimana respon mereka. Selamat mencoba!

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?