Minggu, 26 Agustus 2012

Jangan Salahin Twitter, Dong!

2 comments    
categories: 

Jaman Twitter udah buat beberapa prinsip kehidupan makin bergeser yah. Beberapa orang mengeluhkan untuk nggak mainan Twitter hanya karena merasa privasi mereka ternodai (halah). Atau mereka merasa risih dijejali begitu banyak distraksi disana sini.

Ah, tapi nggak segitu buruknya kok pengaruh Twitter. Kalau kamu bisa manage dan memanfaatkan dengan baik yah.

Dalam hal ini, kayaknya saya bisa ngeliat ada beberapa kategori orang yang mainan Twitter, yaitu yang memanfaatkan Twitter seperti diary mereka, yang mainan Twitter buat lucu-lucuan (Twitter for fun), dan yang terakhir adalah mereka yang ngeduitin Twitter.

Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/269230883944494884/
Buat orang klasifikasi pertama, yaitu yang hobi curhat di Twitter, mereka hanya bisa “laporan” aktivitas sehari-hari mereka di Twitter, mengumumkan perasaan mereka, dan mereka jujur terhadap apa yang mereka tulis tanpa mereka saring. Sounds familiar? Yap golongan yang gini buanyak banget. Mungkin agak risih ya, hehehe kalo gitu kamu sama kayak saya *kemudian toss pantat berjamaah*

Nah, golongan kedua adalah mereka yang main Twitter buat fun. Mereka ini yang sering ngobrol di Twitter, jarang ngetweet perasaan jujur mereka, ngeRT beberapa quotes yang mereka suka. Kadang-kadang yang golongan kedua ini saru sama yang pertama sih. Bedanya golongan kedua ini lebih nggak main hati pas masuk Twitter. Gila deh kalo udah becanda di Twitter. Biasanya selebtweet saya golongkan ke kelas ini.

Golongan ketiga yang tahu situasi sih, menurut saya. Mereka tahu ada jejaring yang bernama Twitter, mereka biasanya udah melewati tahap saat dimana mereka dalam golongan pertama dan kedua. Tapi mereka jenuh, ya kok begitu begitu doang di Twitter, eh akhirnya mereka menemukan cara bagaimana caranya menghasilkan duit dari Twitter.

Yap, siapa bilang buzzer, pemilik akun quotes, atau admin akun brand nggak pernah curhat atau ngobrol di Twitter. Mereka pernah, tapi dulu banget, akhirnya jenuh, dan mencapai tahap ketiga ini biar ada penghasilan tambahan gitu (ehem)

Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/180988478745495711/
Balik lagi ke persoalan yang diatas. Twitter udah buat kehidupan kita kadang jadi nggak sama kayak dulu. Risih sama mereka yang curhat dan menuduh kalo mereka nggak punya privasi. Gemes sama mereka yang ngobrol di Twitter doang, atau kehilangan “suara hati” asli mereka karena keseret info yang terlalu banyak di timeline. Duh, rempong ya.

Menurut saya, balik lagi sih ke pribadi dan tujuan orang itu main Twitter. Kalo golongan pertama yang sukanya curhat mulu sih saran saya nggak usah difollow kalo nggak suka. Kalo golongan kedua tweetnya main candaan perasaan atau biasanya ngetweet perasaan, saran saya nggak usah diambil hati. Mereka ngetweet itu buat lucu-lucuan aja, bukan curhat beneran. Kalo golongan ketiga, silahkan follow asal kamu benar-benar cocok sama interest mereka.

Main Twitter sebenernya aman. Asal kamu bisa memanfaatkan logika dan tombol follow dengan bijak. Twitter didesain untuk kamu mengikuti orang-orang yang kamu pedulikan tweetnya. Kalo bahasa saya, hanya follow orang-orang yang kamu banget. Kalo kamu geek komputer, ya unfollow aja akun gosip selebriti dong. Kalo kamu risih sama orang yg curhat melulu kerjaannya, ya unfollow aja dong. Nggak usah segan. Itu Twitter kamu, gunakan seperti apa maumu.

Masalah nggak enak hati kalo ngeunfollow teman, udah pernah saya tulis disini nih. Santai aja kali. Orang yang ngejek “sombong” mereka yang ngunfollow teman hanya karena tweetnya tidak sesuai lah, yang nggak ngerti pemakaian Twitter gimana. Toh, tanpa saling follow, masih bisa berkomunikasi dengan mention. Twitter itu cerdas, jangan sampai kitanya yang jadi bodoh ;)

Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/269230883944650479/



-- hit me on @dinikopi

2 komentar:

  1. bener juga tuh... seharusnya kita yang bikin twitter pusing, bukan kita yang pusing karna twitter.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHA gimana caranya bikin pusing Twitter? :P

      Hapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?