Selasa, 23 April 2013

Jatuh Cinta di Ramahnya Solo

No comments    
categories: 
Akhir April 2013 ini, saya menyempatkan diri berkunjung ke Solo. Dulu pernah datang ke sini sekali, dan itu adalah kunjungan yang singkat. Ditambah waktu itu tujuannya untuk reportase jurnal ilmiah. Jadi, cuma mengunjungi Keraton Solo untuk wawancara doang. Makanya, begitu ada waktu untuk main ke Solo kedua kalinya, saya langsung samber. Sebenernya ke sini untuk isi kelas Akademi Berbagi Solo tentang "Social Media for Working", tapi karena ini kunjungan dua hari, jadi ya sekalian jalan-jalan :D

Untuk transportasi, saya menggunakan kereta. Berangkat dengan kereta Bengawan Pasar Senen-Solojebres (90rb Ekonomi AC) dan pulang dengan kereta Brantas Solojebres-Pasar Senen (110rb Ekonomi AC). Kereta kelas Ekonomi udah ditiadakan per 16 April 2013, jadinya nggak bisa ambil budget lebih hemat lagi deh. :(

Selama di Solo, saya bergantung pada volunteer Akademi Berbagi Solo. Anjir mereka baik banget :') Mulai saya dateng jam setengah 1 malem dan masih dibelain dijemput dan dapet inepan gratis di rumah salah satu volunteer. Waktu itu saya langsung tepar (setelah nyelesain kerjaan pastinya) (masih aja bawa kerjaan pas liburan) dan bangun jam 10 siang x)) Jadi pas bangun udah diajak makan siang aja sama Hanna, Ririn, dan Galih.

Buat makan, saya sih menyerahkan ke tuan rumah. Pasrah mau dibawa kemana aja :P Tapi kepengen makan yang khas Solo gitu. Eh ternyata pas banget sama jenis kota Solo yang notabene numplek kuliner unik. Sambil labil mau makan siang pake apa, saya udah ngabisin sejenis nasi uduk gitu. Tapi bukan nasi uduk. Karena selain ada tempe bacem, juga ada tahunya. Pun rasanya manis, tapi bukan manis khas nasi uduk. Saya nggak sempet ngefoto penampakan nasinya, atau nanya ini namanya nasi apa. Karena laper, jadi langsung abis xD

Akhirnya untuk santap siang, jatuh pilihan ke restoran Kusuma Sari yang katanya terkenal dengan es krimnya yang enak. Karena udah sarapan, saya sih nggak kepikiran makan berat lagi. Tapi, ternyata di Kusuma Sari ini ada beberapa menu makanan aneh yang saya sendiri baru denger. Kayak Stoop Macaroni dan Selat Segar yang katanya khas Solo. Saya langsung pesen Stoop Macaroni dan Ririn pesen Selat Segar. Biar saling icip gitu :P Sedangkan Galih pesen gado-gado, tapi Hanna malah ngemil es krim :|


Stoop Macaroni nya enak. Itu kuahnya dari kaldu ayam, dan kayak ada susu sama kejunya. Enak buat dimakan panas-panas kayak sup. Trus, yang nama Selat Segar itu kayak gitu penampakannya. Kayak berbagai sayuran dijadiin satu trus dikasih kuah yang rasanya asam-manis. Seger kok makannya, apalagi kalo kuahnya banyak :9 Nah yang aneh juga adalah si gado-gadonya. Entah cuma di restoran ini, atau di semua tempat makan di Solo, gado-gadonya lebih mirip dikasih nama karedok sih. Soalnya rasanya mirip :|

Sementara itu, sang tuan rumah cerita soal Solo. Dari beberapa jam kedatangan saya semalam, saya bisa menyimpulkan Solo itu kota yang rapi banget. Disini lalu lintas teratur, nggak ada macet berjam-jam, bahkan parkiran di pinggir jalan aja ada jalurnya dan rapi banget. Solo adalah kota pertama yang membuat saya takut untuk nyebrang pas jalan kaki. Takut salah gitu tempat nyebrangnya. Abis teratur dan disiplin banget. Jadi, kebawa tuh aura disiplin itu. Malu banget kalo disini melanggar lalu lintas kayaknya :)

Yang saya suka juga, Solo itu kota yang rame banget sama ornamen budaya. Dari tiap bangunan yang dikasih palng berhuruf Jawa, lampu jalan dan kursi taman yang nuansa Jawa banget, becak berseliweran disana sini, tempat nongkrong anak muda yang bangga berdekorasi Jawa untuk menambah pengunjung, sampe ke perhelatan budaya yang menggiurkan! Aduh, kayaknya masuk ke kota yang modern tapi nggak meninggalkan khas budayanya. Terpesona banget deh! :')

Galih sempet cerita kalo orang Solo baiknya kebangetan. Jadi, kalo disini, yang namanya bantuin ya ikhlas bantuin. Nggak ada mengharapakan dapet imbalan uang atau malah nipu orang yang dibantu. Saya yang dibesarkan di Jakarta sempet pesimis. Ah masa ada yang mau bantu tapi nggak ada niat macem-macem. Sampai akhirnya saya mengalamai sendiri.

Jadi gini, setelah selesai seharian jalan, hari kedua kan nginep di hotel, pas malem keingetan musti beli sesuatu di Alfamart atau Indomaret. Dan Solo itu didominasi sama warung lokal daripada Alfamart/Indomaret. Matilah saya, padahal butuh banget beli kopi. Akhirnya saya nekat buat cari minimarket terdekat dengan jalan kaki dan nanya arahnya sama orang. Katanya sih tinggal lurus doang, saya pede jalan aja. Toh sekalian sambil lihat-lihat kota Solo. Eh, nggak tahunya orang yang saya tanyain itu, nyamperin saya pake motor dan menawarkan diri buat nganterin ke minimarket yang ternyata jauh. Saya terpaku sebentar, tapi nekat ikut juga. Beneran tuh dianterin sampe ke minimarket dan dianterin sampe hotel lagi dong sama orangnya. Dan dia tulus nggak berharap dibayar walau tahu saya bukan asli Solo! Anjiiir terharu banget. Pertolongan sesederhana itu tapi kalo tulus, bikin dampak luar biasa ya. Faith in humanity, restored :')

Satu lagi yang saya salut sama Solo, disitu tuh pedagang diapresiasi banget. Pedagang kaki lima disediakan tempat khusus untuk berjualan (ditempatin jadi satu biar ngumpul), dan kiosnya gratis dari pemerintah. Woooow banget. Yang saya liat itu di sekitar hutan kota Solo. Nah, selain pedagang kaki lima yang dijejerin, kalo malem disitu juga ada odong-odong. Menarik perhatian banget karena di gelapnya malem, si odong-odong ini berseliweran dengan lampu neon di rangkanya. Iiih lucu banget, pengen naik atau foto, tapi ga sempet karena hujan x(

Diambil dari twicsy.com

Untuk pulangnya, saya sempet ngantongin Serabi Notosuman Nyonya Lidia yang terkenal enaknya. Karena ini dari santan, jadi ga bisa tahan lama. Katanya sih cuma tahan 6 jam. Tapi pas udah 10 jam, dimakan masih enak kok, dan saya ga keracunan :|



Sebenernya masih banyak yang pengen dicicipin di Solo. Kayak nasi liwet, garang asem, sosis Solo, susu di Solo yang kedainya menjamur, dan beragam kuliner lain. Tapi sayang banget udah musti pulang ke Jakarta. Dan yang mesti dihighlight lagi adalah, makanan di Solo, murahnya kebangetan! Gila, makan kenyang itu dibawah 20ribu, kalo 20-30rb itu udah kenyang buanget. 

Saking menikmatinya di Solo, ga kepikiran untuk foto di setiap perhentian. Jadi emang kurang dokumentasi banget.

But I really enjoy Solo. Kota yang stabil, aman, tenang, dan berbudaya. Cocok banget buat liburan melupakan Jakarta sebentar. Kepingin datang lagi pas ada pergelaran budaya disini nih. Nggak puas dua hari doang di Solo XD

-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?