Kamis, 30 September 2010

Open Recruitment

Hey, guys. Jika kalian membaca notes saya ini di facebook atau post di blog saya, mudah-mudahan kamu tertarik.

Beberapa waktu terakhir ini, saya sangat tertarik pada isu Hak Asasi Manusia. Ternyata masih banyak sekali orang yang gak tau kalo manusia itu punya hak dasar, masih tersebar orang yang gak bisa menyebutkan poin-poin hak dasar mereka ini, dan akibatnya banyak banget pelanggaran yg terjadi di lingkaran hak asasi manusia.

Duh, miris banget rasanya. Ketika seseorang berbuat sesuatu yg ternyata masuk ke golongan pelanggaran hak asasi manusia. Mungkin saja dia gak tau kalo yang dilakuinnya adalah pelanggaran atau juga membatasi hak orang lain. Dan para korban? Kebanyakan mereka diam saja karena malu, gak tahu mesti melapor kemana, atau juga gak yakin bahwa kasusnya ini termasuk pelecehan berat.

Saya terpikir untuk membuat suatu komunitas yang akan getol kampanye hak asasi manusia. Tapi ini bukan komunitas berat seperti Komnas HAM, hanya kumpulan anak muda yang akan banyak melakukan soft campaign tentang hak asasi manusia. Kampanye nya juga bukan teriak-teriak di depan istana negara atau ngelilingin bundaran HI sambil bawa poster segede gaban. Kampanye ini akan dikhususkan ke diskusi ringan, games ciamik, sama-sama belajar Public Speaking, sampe akhirnya kita terjun langsung ngobrol sama masyarakat

Namanya, Raise Your Freedom Community (RYFC)

Saya butuh volunteer (relawan) yang mampu berkomitmen terhadap perjuangan penyebaran virus hak asasi manusia, yang bersemangat menggali potensi diri untuk bersama-sama membangun lingkungan yang lebih baik, juga yang punya kemauan kuat untuk ikut movement ini. Saya tahu ini terdengar berat, tapi yakin deh, kalo apa yg kita lakuin ini gak akan sia-sia. Kalau kita berhasil, kita akan lihat lebih banyak orang lagi yang menghargai hak sesama, banyak orang yg tersenyum, juga ikut menciptakan lingkungan yg lebih damai.

Kegiatan awal akan berkisar pada ngobrol tentang hak asasi manusia di internal RYFC. Tapi kita akan bikin ini sangat fun! Pokoknya jauh dari kata berat dan bakal bikin kamu semakin ketagihan. Selanjutnya juga ada materi Public Speaking, ini akan ngebuat kita tahu kalo kita semua (tanpa terkecuali) bisa ngomong di depan umum dengan luwes dan hangat. Nah, pada akhirnya, saat kita semua udah siap, kita akan turun ke jalan, menghampiri satu persatu orang untuk disapa dan ngebacain apa aja hak yg mereka punya (30 butir Hak Asasi Manusia) juga ngobrol sama mereka tentang apakah mereka pernah gak dipenuhi hak-nya dan apa harapan mereka biar Indonesia lebih damai lagi.

Gimana, simpel kan?

Kegiatan kita ini akan didukung penuh oleh Global Citizen Corps Indonesia.  Kebetulan saya salah satu leader disana. Selain itu, mereka juga siap memfasilitasi kita dengan capacity building dan berbagai input yang berkualitas.

So, give me your feedback guys! Yang berminat untuk nyari pengalaman dan menciptakan lingkungan yg lebih baik bersama-sama, bisa kasih komentar di post ini atau juga bisa menghubungi saya di 085719656614

Terima Kasih :)

Dini is a well-passionate girl on her own way. She is one of leaders in Global Citizen Corps Indonesia. Also available to fight corruption, as she joins Suara Pemuda Anti Korupsi (SPEAK) which is closely related to Transparency International Indonesia. Besides that, she enjoys writing, her first book would figure about Human Rights for Beginners, a project with Jurnal Perempuan and Change Magazine, she is going to write one chapter about Youth and Human Rights. To enlarge the network and explore her passion, she becomes Minister of Youth Empowerment in Indonesian Young Leaders Council, a Non-Government Organization made by her friend. She is now still studying Chemistry in State University of Jakarta and also teaching exact subjects in Chemie Privat, a privat agency which is taught only for international class or international school students.

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?