Minggu, 13 November 2011

Blog It Once Again

4 comments    
categories: 
Di suatu acara bersama Club SPEAK, saya ketemu salah satu staff Transparency Interational Indonesia (TI) yang sempat jadi langganan tulisan saya di blog ini, namanya Mas Ilham.

Dia langsung menanyakan kabar blog saya. Dengan nada agak menyayangkan, saya bilang kalau sekarang saya udah nggak terlalu aktif ngeblog lagi. Bahkan miris banget ngeliat timpangnya posting di bulan-bulan sebelumnya yang berjumlah 20 sekian, sekarang hanya mampu ngeblog 5 tulisan per bulan. Yah, blog ini juga punya masa-masa kejayaannya. Ketika traffic pembaca sedang naik-naiknya, tapi sekarang hanya beberapa pembaca yang "kepincut" aja yang baca.

Ternyata Mas Ilham juga punya cerita serupa, dimana dulu dia punya blog yang mengulas tentang motor, yang kini terbengkalai. Sama juga, dulu ada masa-masa kejayaan yang komen di satu entri bisa sampe ribuan. Olalalaa! Ternyata Mas Ilham lebih edan ngeblognya daripada saya. Hahaha

Kami berdua sepakat kalau memang ada masa hibernasi untuk ngeblog. Yah emang sayang sih ngelihat "makhluk ciptaan" kita yang udah dipelihara setiap hari dengan hati-hati, malah ditinggalin gitu aja. Ya, tapi memang pasti ada masa hibernasi dimana si penulis belum "terisi" dengan baik. Karena untuk ngeblog, otak, jiwa dan pikiran harus dalam keadaan penuh. Namanya aja share entries, ya gimana mau bagi kalo si penulis dalam keadaan kosong.





Nah ketika masa hibernasi ini ingin disudahi, tangan bisa mengalami gejala kagok untuk nulis blog lagi. Nahloh, ini dia, ketika ada perasaan mau ngeblog, tapi nggak tahu mau nulis apa. atau udah tahu mau nulis apa, tapi kok kayaknya berat banget nulisnya, atau ada perasaan "Ah nggak kece kalau nulis tentang itu". Wah godaannya banyak deh.



Blog bisa diartikan macam-macam maka keadirannya oleh penulis. Tapi bagi saya, blog ini merupakan rekaman hidup saya. Yah nggak semua sih, tapi someday kalo saya udah lebh grow up, saya bisa kembali menilik apa sih yang saya pikirkan di masa lalu. Jadi makanya nggak ngoyo juga nulisnya. Tapi kalo lebih banyak tulisan ya lebih bagus *teuteub*

So, here's my blog,
what's yours? :)

4 komentar:

  1. bener banget kalo ngeblog ada pasang surutnya, tapi semoga ketika sedang surut kita bisa bangkit kembali, sekedar menulis, atau berbagi inspirasi :D

    salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Salam kenal kembali Ecky!
    Terima kasih sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  3. sebagai pemula..saya malah sedang mencoba menaikkan 'gairah' menulis.. hhe
    any tips , mba?

    oya, salam kenal ya mba :)

    BalasHapus
  4. Yah merujuk kepostingan diatas, gairah menulis nggak ada aturan sakleknya gimana sih, cukup lakukan hal-hal yang paling favorit aja, ntar pasti ada hasrat pengen berbagi, apalagi lewat tulisan :)

    Salam kenal juga :)

    BalasHapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?