Kamis, 13 Juni 2013

Kepincut Cinta dari Wamena

5 comments    
categories: 
Belakangan ini ada beberapa orang yang bilang saya lebih suka film Holywood dan dengan seenak jidat mencap saya nggak cinta karya bangsa atau nasionalis :)) Kata siapa? Film Indonesia juga banyak kok yang bagus, dan saya secara rutin berusaha menonton satu-satu. Tapi ya itu, yang beneran bagus pasti jarang dan kalopun ada, publikasinya kurang. Duh.

Kali ini saya nggak mau kecolongan lagi.

Jadi minggu lalu saya diajak seorang temen nonton press screening untuk film Indonesia yang katanya "saya banget". Penasaran dong, seberapa bagus nih film Indonesia. Secara emang temen saya tahu bener saya suka misuh-misuh kalo ada film yang aspeknya kurang greget. Hahahaha. Belakangan saya tahu kalau film yang mau saya tonton, adalah "Cinta dari Wamena".

Saya ingin membuat kejutan pada diri saya sendiri dengan nggak ngintip alur ceritanya. Tapi yang saya liat di salah satu pemerannya ada Nicholas Saputra *ini penting banget* *seluruh dunia musti tahu*. Oke salah fokus :)) Sekilas dari posternya sih kayak film indie yah. Wogh, biasanya bagus nih!


Film "Cinta dari Wamena" ini bercerita tentang kehidupan anak muda di Wamena, Papua. Up and down-nya. Dimulai dari persahabatan tiga orang remaja yang semangat mau sekolah ke Wamena, berjanji untuk jadi orang besar nantinya. Tapi ternyata kehidupan di Wamena, sama kerasnya kayak "Jakarta" untuk ukuran pulau Jawa. Kota besar yang anak mudanya kebiasaan mabuk-mabukkan, bolos sekolah, sampe melakukan seks berisiko (nggak pake kondom). Dan booom! Disini virus HIV mudah banget nyebar kayak jamur.

Gambar dari : http://hiburan.pelitaonline.com/news/2012/12/04/cinta-dari-wamena-kesadaran-terhadap-aidshiv

Dan sayangnya, masyarakat disana masih menganggap AIDS sebagai kutukan. Bukan penyakit medis yang bisa ditekan, atau ditanggulangi biar hidup lebih lama. Apalagi kurang banget kesadaran masyarakat di sana mau ke dokter dan memeriksakan diri. Tahu sendiri kan kalo HIV itu nggak jelas gejalanya, dan mungkin baru keliatan bertahun-tahun setelah terjangkit virus. Jadi makin bebas deh pertukaran virus HIV disana. Sedih :(

Gambar dari : http://www.megindo.net/cinemags/filmindonesia/cinta-dari-wamena/

Oh, ditambah lagi masyarakat Papua itu dominasi belum melek huruf. Jadi sosialisasi lewat brosur atau media cetak tuh nggak akan membantu apa-apa. Mereka kebanyakan nggak ngeh dan nggak peduli. Saat divonis sakit, bawaannya mau mati mulu. Padahal kan bisa dimanage biar hidup lebih lama T.T

Duh sedih ah. Di kota besar kayak Jakarta aja, masih banyak yang merasa tabu untuk cari tahu atau ngobrol soal HIV/AIDS. Banyak banget yang salah paham pula. Ini apalagi di Wamena, Papua yang notabene budayanya masih tradisional banget. Medis-medisan disana mah susah dianggep. Tuh, jadi bersyukur deh saya masih bisa cari tahu dan akses info selengkap-lengkapnya soal HIV/AIDS.

Film Cinta dari Wamena ini menguras emosi dan keprihatinan banget. Tapi, di sisi lain, lucu luar biasa sampe bikin satu bioskop ngakak plus ngeluarin komentar jahil nimpalin dialog pemainnya. Budaya Papua juga kentel banget ditampilin disini, jadi sedikit banyak belajar soal budaya. Seru banget deh! Kalo kata saya sih, ini film yang bisa ditonton sama keluarga dan temen. Pesannya nyampe, dikemas ringan, dan ehem ada Nicholas Saputra nya *teuteup*

Cinta dari Wamena mulai tayang di bioskop HARI INI! Jadi pastiin kalo kamu nonton di bioskop sama temen-temen kamu. Karena mumpung ada film Indonesia yang bagus gitu. Jangan sampe film sebagus ini dituruntayangkan cuma selewat hari. Duh sedih banget T.T

Gambar dari : http://www.muvila.com/read/ini-trailer-dan-foto-adegan-film-nicholas-saputra-cinta-dari-wamena/page/0/1

Oiya, keuntungan dari film ini akan didonasikan ke pengobatan HIV/AIDS saudara kita di Papua sana. Jadi emang bener banget sih ditonton di bioskop. Biar makin banyak yang nonton, makin banyak donasi yang terkumpul. Gih ditonton, thank me later, and spread the words! :)


-- hit me on @dinikopi

5 komentar:

  1. Karena virus HIV gampang menyebar kayak jamur, mungkin kalo kita buka usaha sop jamur di wamena, bakal laku keras nih! #apeu

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. hihihihi... seharusnya papua dengan tambang emasnya, bisa bikin seluruh masyarakatnya bebas buta hurup dan lebih teredukasi :D
    *salah pokus

    dvd ori nya keluar gag ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naahhh itu dia. Harusnya bisa. Tapi ya gimana :(

      Hapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?