Senin, 13 Agustus 2012

Inilah yang Orangtua Aktivis Pikirkan

No comments    
categories: 
Hari itu, saya menghadiri buka puasa bareng Suara Pemuda Anti-Korupsi (SPEAK) yang acaranya dirancang sedemikian rupa dengan Family Gathering. Tujuannya sih, biar orangtua para anggota SPEAK bisa ketemu dan kenal bareng anak-anak SPEAK, lokasinya dimana, dan yang terpenting, ngapain aja sih anak mereka ini di SPEAK.

Buka bareng SPEAK dan Family Gathering

Konsep yang brillian yah, mengingat banyak orangtua nggak tahu kegiatan anaknya apa. Nah, di acara ini, pengen diilangin tuh yang kayak gitu, pokoknya orangtua dan SPEAK saling bersilaturahmi lah. Hehehe.

Waktu itu, yang dateng orangtuanya lumayan lah. Nggak banyak, tapi bagus buat awalan, mudah-mudahan yang ikutan tahun depan lebih banyak lagi. Jadi, acara dibuka dengan perkenalan anggota SPEAK dan jajarannya, lalu diikuti dengan penjelasan apa aja sih kegiatan SPEAK selama ini. Atau yang jika diterjemahkan ke otak orangtua mungkin jadi "Anak gw ngapain aja sih pulang malem-malem dari SPEAK? Apa bener kegiatannya?"

Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/269230883944531634/ 

Nah, setelah dipaparkan satu-satu, sampai Kang Teten Masduki juga dateng, para orangtua yang tadinya mulai cemas anaknya masuk ke organisasi nggak bener garis keras mulai ngerti apa aja hal positif yang tengah diperjuangkan selama ini. Dan SPEAK pun tahu apa sih yang orang tua mereka pikirkan soal SPEAK.

Jadi, dari dialog dua pihak ini, kebanyakan orangtua itu khawatir anaknya ikut organisasi nggak bener, kalo dalam kasus SPEAK yang notabene adalah organisasi antikorupsi, mereka takut anaknya cuma demo di jalan yang pake kekerasan, gitu deh. Tapi pas dijelasin apa aja sih kegiatannya, mereka mulai lega, ternyata anaknya nggak nyemplung di organisasi nggak jelas. Ada juga salah satu orangtua yang emang dasarnya nyemplung di LSM sosial, jadi pas diajak bicara soal pergerakan antikorupsi mulai ngeh dan dukung sepenuhnya. Tapi ada juga mereka yang masih takut.

Nah, poin menarik datang dari salah satu orangtua yang bilang, sebenernya mereka setuju dan bakal dukung kegiatan positif anaknya seratus persen, asal ada perbaikan/perubahan postif dari anaknya yang nyata. Misalnya nih, kamu yang aktif organisasi di kampus atau luar kampus, tapi kalo IP masih rendah, atau masih males bantuin orangtua di rumah, atau sesimpel masih males bangun pagi, orangtua bakal nggak percaya dan cenderung melarang anaknya ikut macem-macem. Pendapat mereka "Kamu aja masih belum disiplin sama diri sendiri dan belum tanggung jawab di rumah, gimana mau ngurusin hal lain bahkan negara Indonesia"

Jleb yah.
Bener juga sih. Noh, kamu yang orangtuanya kayaknya suka ngelarang-larang organisasi kamu, coba deh dipikir dulu, apa udah bener nih kerjaan kamu di rumah, apa udah ada perubahan positif yang kamu tunjukkan ke keluarga. Kalo udah ditunjukin semua, pasti direstui kok :)

Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/269230883944531624/
Nah, poin selanjutnya yang menarik adalah ternyata orangtua sering ngerasa kehilangan waktu berkualitas sama anaknya. Udah harus kuliah, ngerjain tugas, eh ini anaknya juga "diambil" lagi sama organisasi. Sedih juga, nggak ada waktu ngobrol sama anaknya. Nah tuh sebaiknya sih emang disempetin banget ngobrol sama orangtua. Iya sih, tahu pasti udah capek, exhausted, dan males banget. Tapi percaya aja, restu orangtua tuh yang bakal ngelancarin semuanya :)

Oh dan juga satu lagi, orangtua biasanya sedih kalo liat anaknya pulang malem-malem. Khawatir gitu kalo sampe sakit atau gimana. Terkait yang diatas tadi sih, kalo kamu terus-terusan pulang malem, kerjaan rumah jadi nggak dikerjain kan? Apalagi waktu ngobrol sama orangtua. Duh ini rawan banget.

Nah gitu deh kira-kira. Saya ngerti banget deh kalo kebanyakan kamu udah exhausted buat ngurusin rumah, dan biasanya berakhir dengan hubungan nggak enak sama keluarga. Biasanya lho ya. Nah, diatas tadi sih cuma hasil dialog dari para orangtua yang curhat soal kegiatan anaknya yang segabrek. Mudah-mudahan kita dan orangtua mau mulai saling ngertiin satu sama lain aja sih biar nggak pincang :)

Trus, yang saya sempet perhatikan dari pengalaman pribadi dan temen-temen yang lain, kalo kita udah mau niat meluangkan waktu dengan keluarga (misalnya sehari dalam seminggu aja deh), dan juga sehat serta sekolahnya nggak terbengkalai mereka pasti setuju aja sama kegiatan kita. Apalagi kalo kamu bisa nunjukin ke orang rumah kalo kamu seneng ikut kegiatan ini, nggak capek dan malah akhirnya ngerepotin orang serumah. Dan yang terakhir, ada perkembangan positif yang dilihat oleh orang rumah dari kamu setelah ikut kegiatan ini.

Gambar dari :  http://pinterest.com/pin/112167846939287109/

Kamu, udah disiplin sama kehidupan di keluarga belum? Disiplin yuk pelan-pelan, biar apapun yang kamu kerjakan, direstui orangtua dan bisa tambah lancar :)

-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?