Sabtu, 22 Juni 2013

Biar Perut Reda Pas PMS/Menstruasi Hari Pertama

2 comments    
categories: 
Cewek mana sih yang nggak pernah ngalamin PMS atau nyeri perut pas menstruasi hari pertama? Semuanya pasti ngalamin. Tapi mungkin kadarnya yang beda.

Ada yang pas PMS aja perut udah kram. Saat Pra-Menstruasi Syndrom ini, pastinya hormon lagi melonjak-lonjak yang ngebuat emosi jadi fluktuatif alias nggak stabil. Gampang marah, tapi cepet senengnya juga. Pokoknya labil banget. Sampe ada beberapa yang suka nangis tiba-tiba pas PMS saking sentimentilnya. Tapi yang namanya PMS itu, pasti dialami sebelum menstruasi. Jangka waktunya beda, ada yang seminggu, dua minggu, atau bahkan dua hari sebelum menstruasi.
Gambar dari : http://weheartit.com/entry/62821512

Sedangkan sakit di hari pertama menstruasi juga nggak semuanya sakit tak terkira. Ada yang cuma pinggangnya pegel-pegel aja, ada yang bisa sampe pingsan sehari tiga kali. Ini semua tergantung hormon sih kayaknya. Beda tubuh, beda juga efek menstruasinya.

Tapi yang pasti, PMS dan hari pertama menstruasi itu nggak pernah enak. Kalo kaum cowok selalu ngeluh labilnya cewek pas PMS/menstruasi hari pertama, kita yang cewek sebenernya juga sebel nggak bisa mengontrol sepenuhnya si hormon. Jangan pikir kita nggak berbuat apa-apa untuk nahan. Siapa sih yang pengen labil atau sakit perut sampe pingsan? We did something, tapi ya mungkin belum nemu yang manjurnya aja.

Karena itu, saya pengen bagi beberapa ritual yang saya lakukan kalo perut melilit saat PMS atau menstruasi hari pertama

Susu Berkalsium Tinggi
Saya sendiri nggak tahu apa pengaruhnya kalsium sama efek reda sakit perutnya. Tapi yang pasti, emang bener tiap perut kram, susu berkalsium tinggi selalu menyembuhkan. Setidaknya bikin nggak uring-uringan. Kalo sakit perutnya nggak terlalu sakit, satu kemasan susu aja udah cukup. Tapi kalo sakit buanget, saya biasanya minum sampe 3 kemasan sehari. Oh iya, pilih susu yang nggak dingin. Dingin bikin perut tambah nggak enak :|

Air Kelapa Muda
Saya pun lupa ini anjuran siapa. Tapi, kalo susu berkalsium tinggi nggak cukup meredakan, saya langsung ngacir nyeret badan untuk cari air kelapa muda murni. Tanpa es dan tanpa gula ya. Jadi bener-bener minum dari kelapa muda yang baru dibuka. Ini tuh ngasih efek perut reda dan badan jadi enteng. Biasanya abis minum air kelapa muda, tidurnya jadi pules dan bangun-bangun perut nggak sakit lagi \o/

Balsem dan Segala yang Panas
Kalo perut lagi betingkah gitu, jangan pernah diguyur sama es. Ambil balsem yang paling panas dan tahan lama sensasi panasnya. Bikin teh manis panas (panas ya, bukan hangat), minum pelan-pelan sambil selimutan. Terus abis itu selimutan seharian. Bikin badan kamu keringetan kayak di sauna. Abis ini, biasanya kamu akan ketiduran dan bangun dengan perut yang udah anteng.

Palingan itu sih, yang saya lakukan kalo perut lagi mules pas PMS dan menstruasi hari pertama. Saya nggak percaya obat, malah menghindarinya. Jadi, sebisa mungkin saya cari cara paling alami biar perutnya reda. Selamat mencoba :D

-- hit me on @dinikopi

2 komentar:

  1. Satu lagi din rajin-rajin minum rebusan kayu manis. Minum resubannya ga cuma saat PMS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu resepnya gimana Ta? Berapa gram kayu manisnya? Mauk doooong :O

      Hapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?