Jumat, 05 Juli 2013

Bikin Alarm di Badan Kita Yuk!

No comments    
categories: 
Beberapa tahun tergila-gila pada sains buat saya belajar banyak. Ada setumpuk fakta soal tubuh yang saya pelajari. Terlepas dari omongan sotoy dari iklan yang bilang tubuh kita harus diginiin atau digituin biar tetap sehat, saya lebih percaya pada fakta sains atau hasil pengalaman sendiri sih ya :P

Kayak siklus tubuh.
Saya percaya tubuh kita tuh punya siklusnya sendiri. Dan siklus tubuh tiap orang beda-beda. Siklus yang saya maksud disini lebih ke siklus ngantuk- tidur - bangun.

Ajaibnya, badan kita bisa lho diajarin kapan harus ngantuk, kapan harus tidur, atau kapan harus bangun. Saya biasanya buat alarm sendiri untuk badan saya. Kalo saya mau ngantuk, saya musti minum susu cokelat. Dan merknya harus susu cokelat Ultramilk. Kalo susu merk lain, nggak mempan. Nah, kalo mau melek, saya minum kopi. Untuk kopi, merk apa aja baru bisa.

Nah susu dan kopi ini jadi alarm saya setiap hari. Badan saya udah otomatis ngantuk sehabis minum susu cokelat. Dan langsung seger, otak bekerja dengan baik, serta pusing ilang kalo minum kopi. Dua minuman itu jadi dopping saya sehari-hari. Nggak bisa tuh kalo ilang satu :P

Gambar dari : http://weheartit.com/entry/64591027/via/Luna_Nightglow
Alarm ini saya bikin bertahun-tahun yang lalu. Saya kecanduan kopi sejak SMP. Dulu berbekal icip-icip kopi bokap, eh jadi kecanduan. Setiap minum kopi, badan saya jadi seger atau setidaknya fokus. Untuk kopi sendiri, saya biasa minum Indocafe Coffeemix. Kafeinnya memang rendah. Tapi justru disitu bagusnya. Saya nggak berani membiasakan minum kopi berkafein tinggi. Karena badan pasti bakal kebal sama kopi sachet. Dan kalo udah gitu, nyari kopi berkafein tinggi kan mahal. Bisa modar saya :)))

Kebiasaan minum susu cokelat Ultramilk saya dateng pas jaman-jaman awal mula kuliah. Saya kan jurusan kimia murni yang tiap hari harus ke laboratorium. Di dalem sana ada banyak zat yang beracun dan bikin pingsan kalo nggak dinetralin sama susu. Makanya saya selalu bawa susu kotak kemana-mana biar nggak sempoyongan. Dan kebetulan, nyokap itu sedia stocknya cuma susu cokelat merk Ultramilk. Dan setelah pulang dari laboratorium, saya pasti pulang ke kosan, minum susu, trus langsung tidur. Ya udah, kebiasaan itu nempel sampe sekarang. Badan jadi nge-set badan untuk langsung tidur setelah minum susu :D

Oh, terus kita juga harus tahu siklus ngantuk badan kita. Pas begadang, coba perhatikan jam berapa kita melek dan jam berapa kita mulai ngantuk. Kalo saya, biasa ngantuk menjelang jam tiga dan subuh. Selebihnya mata seger banget. Jadi, kalo mau begadang, saya biasanya minum kopi di jam ngantuk saya ini. Jadi lebih efektif dan nggak bikin badan tambah "keracunan" :D

Nah, kalo kamu ada pengalaman bikin alarm di badan sendiri nggak? :D

-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?