Senin, 01 Juli 2013

Pemilu 2014, Anak Muda @AyoVote!

6 comments    
categories: 
Anak muda yang kece dan gahol banget pasti ogah ke diskusi politik. Saya juga ogah kalo isinya cuma bisa salah-salahan dan debat kusir, sih. Tapi ternyata, nggak selamanya diskusi politik jadi berat dan isinya debat nggak jelas juntrungan.

Jadi, di timeline saya lagi rame acara @AyoVote : Your Guide to 2014 Elections. Dari temanya aja saya udah penasaran, semacam kitab petunjuk di Pemilu 2014 gitu. Ihik kece bener pastinya. Lebih semangat lagi buat dateng pas tahu isinya orang keren semua. Kayak @pandji @alandakariza @pjvermonte @kamga_mo plus ada stand up comedy dari @notaslimboy juga performance dari @jflowrighthere. Wuanjir! Ini kan pentolan anak muda kece masa kini. Jadi pasti acaranya emang beneran seru :D

Gambar dari www.ayovote.com

Berangkatlah saya ke @atamerica untuk intip obrolan seru soal politik ini. Saya tadinya memutuskan mau golput di Pemilu 2014. Abis kayaknya percuma juga mau milih. Do you feel the same? :(

Saya dateng bareng teman saya @AnthaPrizzi dan @ogiwicaksana, dan langsung nangkring di spot strategis buat mantengin diskusi. Jadi format acaranya tuh lebih ke santai aja sih, kayak ngobrol-ngobrol biasa gitu. Empat panelis tadi, saling mengemukakan pendapat mereka soal Pemilu 2014 nanti dan hubungannya sama anak muda. Saya rekap beberapa poinnya ya :)

Panelis di acara @AyoVote
Anak muda itu, perlu banget peduli sama Pemilu 2014, karena disitulah ajang mereka untuk menentukan siapa yang bakal mimpin mereka lima tahun ke depan. Peduli disini bukan berarti harus ikut nyoblos. Mau milih atau nggak milih pas Pemilu 2014, itu hak kamu. Asal, kamu nggak ikut-ikutan orang lain. Kamu tahu benar kenapa harus milih atau kenapa nggak ikutan milih pemimpin. Kalo pun milih, kamu tahu siapa yang kamu pilih, track record dia kayak apa, bukan sekedar milih dari selentingan teman atau sekonyol karena "mukanya baik" :)))

Nah, untuk tahu siapa yang bakal dipilih, kita sebagai anak muda punya waktu sekitar setahun lagi untuk mulai melek politik. Setidaknya, banyak-banyakin Google atau riset soal tokoh politik tertentu. Apalagi yang bakal nyalon jadi presiden. Kita hidup di zaman internet, cuy. Jadi urusan riset-risetan ini harusnya gampang banget, sesederhana menggerakkan jari.

Untuk calon presiden sendiri, mungkin Indonesia belum punya calon yang keren banget. Mereka, di mata kita, mungkin emang brengsek. Tapi, diantara yang kampret-kampret itu, ada yang kampretnya paling normal. Nah, mendingan pilih yang itu aja. Menurut @pandji, pemilu di Indonesia belum bisa dijadikan ukuran untuk membawa orang baik memimpin Indonesia. Tapi, Pemilu 2014 nanti adalah kesempatan kita untuk tidak memasukkan the mot bad guy, ke dalam kursi pemerintahan. Fair enough sih menurut saya :)

Malah menurut @alandakariza, kalo calon-calonnya nggak ada yang sesuai sama harapan kita, kenapa nggak kita aja yang maju? Mungkin nggak di Pemilu 2014 kali ya, tapi saat yang di atas udah nggak punya harapan untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, kenapa kita nggak mempersiapkan diri untuk memimpin Indonesia. Hayooo :)

Nggak cuma diskusi seru aja, tapi acara @AyoVote juga ada penampilan open mic dari @notaslimboy. Sammy emang saya perhatiin, kalo udah bawa bit-bit soal politik, blak-blakkannya nampar banget. Dia nggak segan untuk sebut nama atau kejadian secara terus terang di konten lawakannya. Ini nih yang juara. Kita nggak cuma ketawa, tapi juga tahu sesuatu dari bit-bitnya. Dengerin @notaslimboy open mic, selalu buat saya pengen tenggelam di Samudra Pasifik saking jlebnya :)))

Nih yang mau dengerin bit politik yang bikin jleb, klik ini deh. Selamat berjleb jleb-an ria :))

Sammy dengan bitnya yang "nampar" x)))

Oh, nggak cuma itu. Acara @AyoVote juga ditutup dengan performance dari @jflowrighthere. Musisi yang selalu ngebawain lagu rap, dan terkenal dengan lirik-lirik nasionalisnya. Pilihan bagus sih ditutup dengan Jflow. Karena diskusi dan open micnya kan terkesan berat, jadi didinginin dengan nada-nada yang bikin kepala bergoyang dan tangan melambai ke atas semua. @atamerica pecah banget lah sodara-sodara \o/

@jflowrighthere bawain 3 lagu di acara @AyoVote

Buat saya sih, nyesel banget ya kalo kamu nggak dateng di acara @AyoVote yang ini. Eits, tapi curi-curi denger sih, selama menuju Pemilu 2014, @AyoVote bakal terus ngadain acara yang anak muda banget. Jadi jauh dari kesan serius dan ngebosenin. Pantengin aja timeline Twitter @AyoVote dan jangan ketinggalan acara mereka lagi ~~~/o/

Nah, abis pulang dari acara ini, saya jadi memikirkan ulang keputusan saya untuk golput di Pemilu 2014. Browsing tokoh politik aaaah :D

-- hit me on @dinikopi

6 komentar:

  1. bit-nya si sammy harusnya dimasukin satu.
    biar saya--yang tinggal di kota dunia ketiga, bisa ikut paham juga.
    gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lagi berusaha nyari bit yang gue maksud. Nanti gue update ya Jacob :D

      Hapus
  2. Acara ini termasuk pencerahan banget buat anak-anak muda yang takut, keblinger, ataupun pengen ikutan pemilu, tapi gak jadi ikutan gara-gara gak punya visi yang jelas soal eleksi pemimpinnya. Nice review!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kakak. Jadi mikir ulang buat aksi di Pemilu 2014 nanti.
      Makasih udah baca kakak. Jangan lupa liat videonya :D

      Hapus
  3. Hahay.. ga nyesel kan? Pokoknya wajib dtg klo @AyoVote bikin diskusi lagi. Jgn lupa rajin baca ayovote.com ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mantengin dari semalem dan sukaaaa sama webnya :D

      Hapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?