Selasa, 26 November 2013

Tips Jalan-Jalan Aman di Jakarta

12 comments    
categories: 
Ngerasa nggak sih kamu kalo banyak yang datang ke Jakarta dari luar kota? Emang sih lagi nggak Lebaran, tapi kayaknya ini berawal dari efek tes CPNS yang diadakan di pusat dan banyaknya frehgraduates yang mengadu nasib di Jakarta.

Beberapa saya lihat sih, namanya pendatang ya, pasti agak keder sama besarnya kota Jakarta. Saya aja baru mulai menjajaki Jakarta ya 5 tahun yang lalu saat memutuskan untuk kuliah di sini. Dari sudut pandang penghuni Jakarta yang udah sebagian hapal kota ini (seriously, lima tahun aja belum hapal sama semua Jakarta, gede banget kan), rasanya pengen ngebagi sesuatu buat kamu yang pendatang.

Menghindari Nyasar, Google Lah!
Ini tips pertama yang saya bagi, karena ini vital banget. Serius, Jakarta tuh gede banget dan untuk ngehapal semua jalanan tuh nggak cukup lima tahun. Saya aja masih mengandalkan Google kalau mau kemana-mana. Yang harus kamu percayakan adalah Google Maps dan penelusuran web Google. Misal, kamu mau ke Jalan Balap Sepeda, Rawamangun dari Mampang, daripada keder nanya sama orang, mending langsung online cari sumber kece.

Pertama, buka dulu Google Maps. Lihat di peta, Jalan Balap Sepeda Rawamangun tuh deket sama jalan besar bernama apa. Ketahuan kan dekat dari jalan Pemuda, Rawamangun. Nah, kan karena Mampang itu deketnya sama terminal Blok M, jadi kamu bisa telusuri di web dengan keyword “Blok M Pemuda Rawamangun angkutan umum”. Biasanya ada banyak opsi, nah tinggal pilih deh kamu mau naik apa.
Gambar dari sini

Untuk daerah yang sulit dijamah, cari sumber dari blog atau Kaskus biasanya yang nulis lengkap sama ancer-ancer patokan jalan yang mau kamu tuju. Paling enak sih, kalau destinasi dekat dari shelter TransJakarta atau stasiun, tinggal sekali jalan. Eits, tapi walaupun gitu coba cari dulu angkutan umumnya. Karena kadang ada faktor besar ongkos, rush hour, macet, dan efisiennya waktu yang kudu kamu perhatikan untuk memilih angkutan umum.

Biasanya, naik angkutan umum akan nyampe lebih cepat daripada TransJakarta. Dan untuk beberapa rute, naik angkot lebih adem ayem karena kamu tinggal duduk dan langsung sampe tujuan. Kalau naik TransJakarta kan kudu transit di beberapa shelter. Pun kalau naik KRL, coba dilihat dulu rush hournya. Kalau kamu dalam keadaan capek dan mau duduk, lebih baik cari mikrolet daripada KRL. Sepinter-pinternya kita nyari angkutan umum paling nyaman lah.

Rajin Ngelayap
Kalau kamu memutuskan akan tinggal lama di Jakarta, ngelayap lah. Rajin-rajin jalan ke tempat baru. Kalau ada waktu nganggur, cobain berbagai trayek bis. Jangan main ke tempat yang itu-itu aja. Kamu nggak akan bisa ngeksplor Jakarta dengan utuh.


Saat jalan, jangan ngobrol sama teman terlalu banyak. Ngobrol boleh, tapi sediakan waktu juga untuk jelalatan ke jendela. Tahu yang kamu lewatin jalan A, kamu bisa tahu ada toko B di jalan itu, patokan yang mencolok ada gedung C di jalan ini, hapalin tuh satu-satu, pelan-pelan. Nanti biar suatu saat kalau kamu disuruh ke jalan itu, kamu bisa langsung tahu karena pernah menjelajah ke situ sebelumnya.

Sisihkan waktu juga untuk jelajah ke tempat-tempat yang popular di Jakarta. Kayak Kota, Ancol, spot-spot taman, mall yang hits, tempat nongkrong berupa kafe atau foodcourt. Jadi sesingkat apapun kamu di Jakarta, at least kamu udah pernah ke tempat itu. Jangan sampe lah nggak pernah ke tempat yang jadi omongan orang banyak. Men, ini ibukota, be adventurous. ;)

Stay Safe With Your Own
Kamu nggak bisa percaya seratus persen sama orang di Jakarta. Kalau kamu jalan dan ada stranger yang ngajak kamu ngobrol, jangan langsung ditanggepin antusias. Emang sih, ada yang beberapa memang tulus mau ngajak ngobrol, tapi kalau perawakan dan arah obrolannya mencurigakan, kamu lebih baik menghindar. Karena bisa jadi ujungnya adalah dia minta duit, kamu dihipnotis, atau kamu ditipu atas nama belas kasihan. Pret banget lah.

Kalau kemana-mana, pastikan tas di depan dan dalam pengawasan kamu. Ponsel ada baiknya dinyalakan music playernya dan kamu dengerin musik pake earphone dengan suara sayup. Karena ini lebih aman daripada menaruh ponsel di tas. Kalau dinyalain mp3nya kan bisa ketahuan kalau ponselnya dirogoh-rogoh orang :P

Selalu sisakan duit untuk ongkos di tempat yang mudah kamu jangkau. Jangan sampai buka dompet di angkutan umum. Ini menarik perhatian orang banyak banget. Jangan sampai mencolok lah kalo soal duit mah. Adem ayem aja.

OH JANGAN BUKA TABLET DI KOPAJA ATAU METROMINI! Gosh, ini saya heran ya, masih banyak banget yang buka tablet di kopaja atau metromini. Nggak takut disamber orang apa. Kalo di TransJakarta atau KRL sih masih oke lah. Ini di kopaja. Aduh nggak recommended itu mah.

Jakarta is 24 Hour City, Baby
Saya menyarankan kamu untuk selalu pulang malam kalau mau ngelayap di Jakarta. Disini angkutan umum bisa sampe jam 11 malem kok, dan mulai beroperasi dari jam 5 pagi. Jadi kalau mau menjelajah Jakarta sampai khatam, ya pulang malam lah. Jangan takut, kalau bisa jaga diri dan barang bawaan mah, pulang malam di Jakarta aman kok. Apalagi kalau barengan sama teman. Saya aja yang hobi pulang malam sendirian, masih bernapas utuh sampai sekarang :D

Apa lagi ya? Mungkin baru segini sih yang kepikiran. Nanti kalau ada input lain, bisa ditambahin di kolom komentar ya kakak.

Let's get some fun in Jakarta. In this metropolitan city, you could be your true self or whoever that you want.Stay safe, everybody :D



-- hit me on @dinikopi

12 komentar:

  1. Menurut saya Jakarta memang luas. Itu karena kita sering "lupa" memandang Jakarta sebagai kesatuan dari lima kotamadya. Asal tahu, kotamadya itu kan setara dengan kabupaten pada tingkatan propinsi. Jadi, ibaratnya kalau mau mengenal Jakarta secara keseluruhan ya harus mengenal lima kabupaten.

    Berat toh? Hehehe.

    Makanya, dimulailah dari mengenal kelurahan di sekitar tempat tinggal/aktivitas, kemudian meningkat mengenal kecamatan dan kotamadya. Kalau sudah merasa mengenal satu kotamadya, barulah mengenal kotamadya yang lain. Itu butuh proses, sama seperti orang kerja di Jakarta kan nggak ada yang gajinya langsung gede, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuu. Emang pertama yang harus dikenali dan dijelajahi dulu ya kotamadya. Biar kalo udah "hapal", bisa menjelajah kotamadya yang lain dengan tenang :D

      Ya kalo kerja mah, nggak di Jakarta juga emang kudu ngerintis kalau mau dapet gaji gede :P

      Hapus
  2. jlibet jakarta, karena banya ruas jalan, jalan raya,jalan layang dan lainnya, perjalanan di jakarta kemana-mana jadi lama, karena macet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah. Perjalanan di Jakarta, berkisar 1-2 jam. Kalo janjian sama orang jam 8 pagi, kudu berangkat dari rumah jam 6 :P

      Hapus
  3. Sangat bermanfaat niee... Mungkin suatu saat menetap di jakarta sudah tahu dasar2 nya ...
    Tapi klu ke jakarta harus adaptasi dengan kemacetan yg parah ma banjir yaaa :) ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo banjir sih, tergantung dari lokasinya kak. Kalo macet mah mutlak. Hehehee

      Hapus
  4. Oh iya. Kalo jalan di Jakarta itu mesti harus memastikan kamu tau mau naik angkutan apa.
    Kalau terpaksa gak bisa nanya google dan mesti nanya orang, pastikan bertanya pada orang yang tepat.
    Kalau keliatan bingung di tempat umum, mesti ati-ati. Usahakan selalu keliatan pede. Kalo perlu pasang tampang galak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanya sama abang-abang jualan lebih trusted daripada tukang ojek. Suka sebel ditawarin ojek melulu, padahal nanya angkot :(

      Hapus
    2. Selain keliatan pede, satu lagi, jangan pasang tampak nantang atau sengak, mostly malam hari diatas jam sembilanan. Orang disana nggak bisa liat orang jalan sendirian di gang sepi bentaran aja, langsung disamber.

      Hapus
  5. Nice tips actually. But, sebenernya nggak bisa dibilang jalan-jalan juga, semua orang di Jakarta selalu keliatan "On rush", jadi pas nyantai dikit aja langsung disemprot. So, I prefer jalan jalan diluar jakarta aja :D

    BalasHapus
  6. Jakarta keras yee :D gue baru menetap disini baru 2mgg hehehe...

    BalasHapus
  7. kalau pengalaman saya nyasar di jakarta, tanya ke warung permanen bukan kios atau ke pos polisi, karena kalau nanya selain itu malah suka di berikan petunjuk tidak jelas dan jadi tidak efektif untuk bertanya

    BalasHapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?