Minggu, 19 April 2015

Sekilas Pengalaman Jadi Social Media Freelancer

No comments    
categories: 
Kalo ditanya udah berapa lama nyemplung di social media, rasanya tuh pengen senyum-senyum sendiri karena udah lama banget. Saya mulai profesional main di socmed sejak tahun 2010. Udah pernah pegang brand njelimet, ngerepotin amit-amit, high demand, sampe ke yang selo banget dan yang sampe taraf bisa becandaan sama followernya kayak ngobrol sama temen.

Udah pernah nyicip kerja fulltime bergaji fulltime, kerja freelance bergaji fulltime, sampe kerja lepasan bergaji lumayan buat jajan :)) Macem-macem deh. Suka dapet banyak pertanyaan dan komentar juga "enak ya jadi socmed freelance", dan rasanya gemes pengen jawab panjang lebar suka duka jadi social media freelance.

Tapi mending ditulis di post ini kali ya. Yo ayok yang mau ngintip kehidupan social media freelancer, merapat dulu *bahasa adminnya keluar*

Gambar dari sini
1. Ngintip Dompetnya Socmed Freelancer
Pertanyaan pertama kalo ditanya jadi freelancer pasti soal duit sih, kemapanan financial. Soalnya kan pada kebawa pakem bahwa jadi freelance itu kerjanya serabutan dan duitnya datang pergi. Ada benernya juga kok situasi ini. Jadi socmed freelance itu sama kayak kerjaan freelance yang lain, duitnya nggak jelas, kadang gajian, kadang cari klien baru demi bisa makan.

Yang perlu dijaga sebenernya adalah relasi kita sama klien, biar doi percaya terus dan kalo ada proyek baru dilimpahin ke kita deh. Banyakin gaul di sana sini, biar banyak temen yang tahu lo social media freelance, jadi kalo mereka ada proyek, bisa dipercayakan ke elo. Banyak-banyak juga cari lowongan socmed freelance. Banyak kok lowongannya kalo mau nyari mah. Tinggal kita jeli apa nggak buat ngambil kesempatan :)

Patokan socmed freelance sekarang itu digajinya per brand, per bulan. Di Jakarta, biasanya rate standar ya di angka Rp 2juta-3juta per brand setiap bulannya. Di kota lain mungkin di bawah ini kali ya, saya kurang tahu soal rate di kota lain. Yang nanti bisa jadi nilai lebih ya pengalaman kamu udah pegang socmed apa aja, udah punya skill apa aja. Nah musti diperhatiin nih, kalo nego gaji jangan mau dikasih paketan. Misal kamu diminta pegang tiga brand tapi cuma dinego 3juta sebulan. Kan harusnya 6juta ya, saya saranin sih dipikir ulang dulu buat nerima tawaran ini. Tergantung heavy apa nggak jobdescnya. Tapi kalo lagi nyari pengalaman dan duit sih, hajar aja kak :))

Kalo buat socmed freelance yang masih newbie dan cari pengalaman sih, musti mau makan ati dulu digaji pas-pasan. Kan judulnya lagi ngumpulin protofolio sama pengalaman. Di socmed yang penting mah jam terbang. Prinsip saya, kalo ada pengalaman kenceng dan kualitas, baru boleh belagu xp

2.Gadget is a MUST!
Sebelum ngelamar jadi socmed freelance cek dulu kelengkapan gadget kamu. Hape buat internetan dan edit dokumen, ada? Laptop kecil yang bisa dibawa kemana-mana dan baterai mumpuni, aman? Koneksi internet yang bisa diandalkan di mana pun, checked? Jangan nekat ngelamar freelance kalo kamu masih ngandelin warnet atau hape satu doang. Semakin banyak pilihan gadget dan koneksi, semakin bagus.

Untungnya saya kan tandeman sama pacar. Gadget saya ditambah gadget dia, udah enak banget buat kerja. Kalo laptop saya ngadat, bisa pake laptop dia. Koneksi dia ilang, bisa tether di saya. Kalo udah mentok sinyal dua-duanya pasti ngacir ke Sevel atau Family Mart terdekat yang selalu ada Wifi. Kita juga sering ngapalin tempat-tempat yang kenceng Wifinya di mana, jumlah colokan ada berapa, dan pacar selalu bawa terminal T. Itu lho colokan tambahan biar bisa ngecharge banyak gadget sekaligus. Jadi kalo semua colokan dipake, kita selalu bisa nebeng orang pake terminal T tadi.

Kalo lagi liburan atau pacaran juga biasain bawa setidaknya laptop, charger, dan koneksi. Jadi bisa ngerampungin kerjaan kapan aja. Banyak kesalahan socmed freelance pemula adalah nggak siap dengan gadget. Pas dihubungin ada kerjaan saat itu juga jawabnya "wah aku nggak bawa laptop, tunggu pas sampe di rumah ya" padahal kerjaan urgent. Aku pribadi ngejaga banget agar ucapan kayak gitu nggak keluar saat ngomong sama klien. Gimana sih, udah tahu freelance, masih nekat jalan-jalan nggak bawa gadget? BHAY~

3. Waktu yang Fleksibel
Gambar dari sini
Enaknya jadi freelancer itu ya keluwesan membagi waktu. Nggak terikat harus bangun pagi, bisa jalan-jalan sesuka kita, bisa nonton bioskop pas weekdays, pokoknya enak deh. Biasanya yang pada ngiri sama freelancer karena ini sih. Nggak perlu nungguin cuti biar bisa ngetrip, bisa nikmatin mall nggak sumpek pas jam orang kerja, dan nggak lama-lama kena macet karena udah ada di rumah sebelum orang pulang kantor.

Tapi juga jangan kaget kalo sebagai freelance, kamu masih ngerampungin kerjaan pas orang lain udah tidur, atau musti duduk di depan komputer pas weekend. Kata kunci jadi freelancer kan keleluasaan waktu, ini bisa berarti dua hal. Kita yang bisa leluasa ngatur waktu atau klien yang leluasa ngasih kerjaan kapan aja ke kita :)) Jadi jangan kaget atau ngeluh kalo ada kerjaan tambahan.

4. Freelance VS Fulltime
Sebenernya mau kerja jadi socmed fulltime atau freelance ya nggak ada yang bener atau salah. Tergantung kamu pengen menjalani kehidupan yang kayak gimana aja. Tapi sepengalaman dan seliat saya dari cerita temen-temen, rasanya akan lebih bijak kalo kamu freelance setelah nyicip rasanya kerja fulltime. Kalo kata pacar, freelancer itu udah harus nguasain basic-basic fulltime dulu, baru nanti kerja freelancenya afdhol.

Di kerja fulltime, kita terbiasa kerja nine to five, meeting sana sini ketemu klien, begadang demi pitching, dan lain-lain. Udah ngerasain pahit-pahitnya jadi anak socmed deh. Jadi ketika banting setir freelance, kita nggak kaget dengan laju kerja yang padat, revisi tiada henti, atau klien yang lagi perlu sering-sering diperhatikan.

Seliat saya sama freshgraduates yang nekat langsung freelance adalah, mereka masih kagok ngikutin laju kerja socmed. Masih banyak milih-milih kerjaan dan ngeluh kalo ada revisi ini itu. Kerjanya juga suka itungan dan kadang nggak proffesional, dan lebih ngeselinnya money oriented doang.

Jadi kalo kamu freshgraduates yang mau nyicip kerja freelance, saya saranin sih tandeman sama orang lain dulu. Biar kalo ada apa-apa bisa diback up. Kamu juga jadi banyak belajar seluk beluk socmed lebih banyak sama temen kamu ini. Kalo dirasa pengalaman udah cukup, sok atuh cari fulltime atau freelance sendiri. Kan pengalaman udah dipegang ;)

5. Kemapanan Finansial
Mengingat poin yang di nomor satu, namanya freelancer harusnya lebih jago muter duit biar bisa hidup bulan depan :))

Saya juga masih belajar kok, secara kemapanan finansial ini krusial banget buat freelancer. Kalo kata Ligwina Hananto, duit freelance itu masuknya emang nggak tentu, tapi pengeluarannya bisa dibuat tetap kan? Nah jadi trik pertama sih emang matok pengeluaran maksimal yang tetap dalam sebulan. Kalo udah tahu angkanya, kan bisa semangat cari kerjaan biar pengeluaran tetap ini tertutup.

Kalo kata pacar, jadi freelance itu musti jago nabung. Pas job lagi banyak, kumpulin tuh tabungan sebanyak-banyaknya. Jadi  pas musim paceklik, kita punya tabungan buat makan sambil cari job berikutnya. Saya juga pernah baca pengalaman yang suami istri dua-duanya freelancer, mereka selain nabung juga punya kartu kredit yang hanya boleh dipake kalo udah kepepet banget. Nanti duitnya diputer lagi deh

--

Sebenernya ada banyaaak banget yang mau saya bagi soal socmed freelance, tapi saya tulis di postingan selanjutnya yah. Kalo mau baca tulisan lain soal social media, coba klik di sini. Hayu atuh kalo ada yang mau nanya-nanya soal pengalaman socmed freelance bisa mention ke @dinikopi di Twitter ya. Kita ngobrol :)


-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?