Minggu, 25 November 2012

Jatinangor Jazz Event 3

No comments    
categories: 
Baru kali ini ke acara jazz kampus, dan seru banget!

Jadi gini, adik saya @dinafahada yang sekarang kuliah di Psikologi Unpad, sempet pasang DP BBM Jatinangor Jazz Event dan Broadcast Message line up yang hadir, karena liat Soulvibe dan The Groove Reunion, saya langsung booking tiket kesana! Jauh-jauh dari Jakarta ke Jatinangor (bukan Bandung ya) cuma mau lihat perhelatan jazz kampus paling akbar di Unpad.

Konon, Jatinangor Jazz Event (JJE) ini adalah acara tahunan yang ketiga. Pertama kali diadain tahun 2008, lalu sempat vakum dan muncul lagi jam 2011, sekarang saya ngehadirin yang JJE 2012 deh. Saya berangkat dari Jakarta jam 2 siang tapi karena guyuran hujan yang bikin tambah macet, sampe Jatinangor jam 5 sore lewat. Udah panik kan bakal kelewatan artis favorit di JJE, pas ngintip di timeline Twitter mereka, baru lega soalnya Soulvibe dan kawan-kawan manggung selepas maghrib. Salut nih sama panitia yang ngasih tahu jadwal artis main, soalnya kan banyak acara yang rahasia soal rundown gegara pengen crowdnya stabil.

Itung-itung sama waktu siap-siap dan ganti baju karena baju saya basah kuyup kehujanan, saya dan si adik tercinta nyampe di Unpad setelah maghrib. Di @JJEofficial ada sih tweet kalo bakal ada transportasi gratis ke venue naik odong-odong. Saya pikir bercanda, eeeh ternyata emang ada semacam shuttle bus khusus Unpad yang bisa ngangkut penonton dari Gerbang Lama ke Venue JJE. Woooh, beneran ternyata

Odong-odong Unpad (Gambar dari : http://kaskus.co.id)

Setelah sampe di venue Jatinangor Jazz Event, ternyata panggungnya outdoor. Karena hujan sesorean, temat agak becek dan penuh laron. Emang bener banget sih kalo kesini pake sendal jepit, jadi nggak sayang sepatunya :P Begitu sampai di gate, para penonton yang membawa tiket diberi satu majalah GoGirl dan diberi stempel ala Dufan di tangan. Sayang sih gate-nya nggak ada lampu, jadi gelap banget. Tapi kalo ada lampu, laron juga bakal ngerubungin sih. dilema juga ._.

Saya dateng pas performnya @gracesahertian. Karena perut laper nggak ketolong, akhirnya nyuri waktu buat beli hotdog di stand Jatinangor Jazz Event. Selain hotdog, ada juga stand Wings, Paparons, dan masih banyak lagi. Jadi nggak perlu takut kelaperan sambil sing along. Waktu @gracesahertian manggung, di panggung masih banyak laron dan hujan masih agak deras. Penonton pun belum ngerubung ke depan panggung. Masih menyebar cari makan dan nungguin teman yang lain.

Performnya @gracesahertian (Foto diambil dari livetweet @bemfapsiunpad dan @radiokampusitb)

Crowd mulai penuh saat Payung Teduh manggung. Saya dan @dinafahada udah ancang-ancang ambil deretan depan, karena tahu bakal penuh pas akhir. Suasana syahdu yang dibawa Payung Teduh sukses bikin heboh para penonton, sampe banyak yang ikut karaokean. Nggak cowok, nggak cewek, semuanya nyanyi bareng. Apalagi udah minim laron dan hujan mulai mereda. Suasana memanas dan penonton melupakan makanan di tangan mereka untuk menyaksikan sang idola di atas panggung.

Perform dari @payung teduh (Foto diambil dari livetweet @BLURadiojtr)

Dan inilah bagian favorit saya, iya ini saatnya SOULVIBE! Seperti biasa, mereka perform dengan baju yang serupa. Kali ini dresscode mereka adalah kemeja polos berwarna biru. Penonton makin merangsek ke depan panggung. Walau hujan masih mengguyur perlahan, penonton melepaskan payung mereka dan larut dalam hentakan musik ceria Soulvibe. Seperti yang bsia diduga, kali ini teriakan dari penonton perempuan jauh lebih banyak. Berbagai gadget diarahkan untuk membidik sang idola dan mengkristalkan momen dalam fradmen-fragmen digital. Walau begitu, semuanya bernyanyi dan berteriak. Wohooo!

Saya itung, ada kali sepuluh lagu Soulvibe bawakan. Dan ajaibnya, mereka masih nanyi dengan senyum dari awal sampe akhir lagu dong. Nggak ada tanda surut, semuanya larut dalam vibe jazz ceria yang dibawakan Soulvibe. Aduh, puas banget ngeliat Soulvibe di panggung nyanyiin lagu dari album pertama sampe ketiga mereka. Nonstop, malah intronya sedikit. Wow, acungin jempol banget buat stamina Soulvibe!

Perform @SVSoulvibe dan crowd super hebohnya! (Foto dari livetweet @ramadhanhandysv dan @BLURadiojtr)

Agak mencairkan suasana yang mulai heboh dan memanas, Andezzz pun dikeluarkan! O...ow, kali ini yang cowok kali yah yang bakal panas, karena Andezzz nggak muncul sendiri tapi ditemani empa cewek cantik, seksi, dan berbakat pastinya! Andezzz nyanyiin sekitar lima lagu kalo nggak salah (CMIIW). Dan ditengah-tengah lagu, mereka lempar CD gratis mereka dong, plus ada tandatangan di dalemnya ._. Mupang banget tuh.

Andezzz ini di kuping saya kayak familiar, tapi nggak tahu yang mana, sampe akhirnya saya searching, mereka emang pernah ngeluarin satu single yang hits di MTV pada tahun 2002. Judulnya nggak inget apa, tapi emang lagunya susah banget didapet. Andezzz ini pas banget kalo kamu penggemar electronic soul. :D

Perform dari Andezzz (Foto dari livetweet @BandungConcerts)

Nah, mulai dari sini, penonton ogah meninggalkan tempat, karena pastinya sehabis Soulvibe perform, ada satu lagi yang ditunggu-tunggu. Yaaaak, THE GROOVE! Mereka emang sempet vakum dan bubar (CMIIW) beberapa waktu lalu, tapi karena banyak fans yang masih ngarep mereka balikan lagi, akhirnya mereka reunian! Bahkan Rieka Roeslan pun mengaku bangga kampus almamaternya bikin acara Jazz segede ini (doi dulu anak Sastra Perancis, Unpad). Disini mulai sorakan nggak berhenti, bahkan sebelum mereka nyanyi, cuma di intronya aja, penonton heboh banget nyaut-nyautin umpan dari The Groove!

Mereka nyanyi sekitar lima lagu kalo nggak salah, sebagian besar ngobrol dan berinteraksi sama penonton. Saking kangennya sama fans sih kayaknya, aaahhhh terharu banget :') Sampe dua lagu terakhir mereka boleh kita request! Langsung kompak minta Dahulu sama Khayalan. Duuuh, ini roman-romannya emang banyak yang jomblo dan patah hati kayaknya ya :') Sepanjang lagu penonton pada ikut karaokean nggak henti. Pokoknya suasana pecah! Sampe ada kembang api segala. Perfeeeeeccttt! :D

Perform The Groove (Foto dari livetweet @loopiesradio)

Berakhirnya The Groove, berakhir juga Jatinangor Jazz Event yang ketiga! Eventnya pecaaaahhh banget! Seru dan crowdnya parah banget rame.Tapi mungkin saya yang dari outsider, merasa kurang di publikasi kali ya. Publikasi ke Bandung mungkin emang ada, tapi ke Jakarta masih kurang. Walau Jatinangor jauh, tapi line up kayak gini mah emang nggak bisa dilewatin gitu aja. Pasti banyak yang dateng kalo fans berat mah. Seleb kampus yang punya follower ribuan mungkin bisa dicolek buat bantuin tuh :D

Begitu pulang, deras testimoni dateng ke @JJEofficial, mereka semua puas, bahagia, dan pulang dengan membawa dentuman keceriaan jazz! Sukses berat pokoknya. Moga tahun depan bisa lebih kece lagi line up dan publikasinya ya. Saya yang outsider, mau bantuin kooook kalo line up sekece ini mah :D

Sampai ketemu di Jatinangor Jazz Event tahun depan! :D

-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?