Sabtu, 05 Maret 2016

Cowok dan Egonya

2 comments    
categories: 
Emansipasi perempuan masih aja digadang-gadang. Padahal yang perlu pengertian dari masyarakat menurut saya itu, adalah cowok. Kenapa?

Gambar dari sini
Perhatiin deh, kebanyakan cowok itu susah diterima masyarakat (atau hanya diterima oleh lawan jenis aja). Pernah denger fenomena kalo cewek selalu jadi speak-person terbaik? Contohnya dalam lingkungan awam kayak kelas di kampus. Ketika muncul saatnya presentasi, kebanyakan cewek yang diminta untuk ngomong di depan. Alasannya kenapa? Beragam. Mulai dari "ah lebih enak liat cewek" sampai "kalo cewek yang ngomong ga akan dibantai dosen".

Terus ada juga fenomena cowok yang jarang banget punya sahabat dekat yang banyak sesama lawan jenis. Mungkin ada beberapa yang punya geng, tapi biasanya jarang curhat. Kenapa? Karena cowok diharapkan tahu semua solusi masalah hidupnya. Jadi gengsi buat curhat sama sesama cowok. Berakhir dengan curhat ke cewek (yang mungkin ga paham masalah khas cowok), nyimpen sendiri semua pertanyaannya sampai galau, atau menyamar jadi anon askfm.

Saya juga bingung kenapa cowok jarang mau nanya jalan ke orang saat menempuh rute baru. Prinsip mereka adalah mendingan baca peta dan rambu, walau menghabiskan waktu dua jam dan nyasar. Daripada harus nanya ke orang di jalan atau satpam di mall. Beda sama cewek yang bingung dikit, biasanya langsung gatel pengen nanya jalan ke orang yang ada di sekitar. Cowok tuh selalu punya "kind of ego" untuk prove his mind and way is right.

Sekalinya ada cowok nanya sesuatu ke cowok, biasanya reaksinya pun bakal bikin cewek geli juga. Contoh ada Anto yang mau nanya ke temennya Budi soal gimana cara pasang velg motor manual. Kondisinya Anto dan Budi bukan sahabat atau temen deket. Kayak temen kenalan aja gitu. Budi bakal jawab dengan nada semacam ini:
A. Yaelah lo google aja kali
B. Waparah masa nggak bisa, makanya sering nongkrong club motor bro
C. Ya gampang Bro, lo pasang aja sesuai tempatnya. Kan ada polanya tuh, ga susah kok

Beda kalo cewek yang nanya, kisaran jawabannya bakal gini:
A. Aduh, gue bantuin pasang aja ya. Posisi di mana sekarang?
B. Wah mau pasang velg sendiri? Wuih keren banget lo jadi cewek
C. Jadi caranya tuh lo buka dulu blabla, terus harus perhatiin blabla, jangan lupa dikasih blabla dulu. Gue telepon aja deh ya.

Mungkin dalam kacamata Budi, si Anto dianggap ga macho banget ga bisa pasang velg motor sendiri sampe harus nanya temennya. Budi biasanya bakal memerankan posisi superior yang bikin dia keliatan pinter dan tau segalanya. Tapi nggak membantu Anto juga sih karena dia nggak mau pengetahuan dia diketahui Anto.

Sedangkan di mata Anto, dia yang bener-bener clueless jadi sedih. Maksudnya nanya baik-baik eh malah dicuekin atau dipandang sebelah mata. Mau nanya sama orang, jadi takut karena ngeri dapet respon yang sama. Mau nanya ke cewek ya kemungkinan besar jarang yang tahu. Akhirnya karena bete, sebel, dicampur sedih, Anto akhirnya nge-YouTube cara pasang velg motor manual sendiri untuk membuktikan kalo dirinya juga bisa pasang velg tanpa nanya ke orang.

Respon di atas mungkin aja terjadi. Kalo semisal kamu cowok, terus lagi baca blog ini dan nggak pernah mengalami hal di atas, ya bagus. Syukur deh nggak pernah kena kejadian serupa. Tapi kalo kamu pernah ngerasain juga, well you're not alone. Kebanyakan cowok gitu kok :)

Dengan pola kayak gini, nggak heran kalo lebih banyak cowok minder daripada cewek minder. Cewek bisa posting selfie dengan editan super canggih dan dapet pujian untuk meningkatkan kepercayaan dirinya. Tapi cowok nggak bisa gitu.

Makanya, menurut saya yang butuh pengertian dan empati lebih besar dari masyarakat itu bukan perempuan, tapi harusnya laki-laki. I mean, sebenernya normal kan buat nanya, mengekspresikan diri, atau bahkan ketahuan nangis. Cowok juga manusia yang ada gak sempurnanya. So, start to be kind not only to woman yang dari segi penampilan emang lebih luwes dan menarik, tapi juga ke laki-laki yang lebih membutuhkan pengakuan juga ruang untuk berekspresi :)

-- hit me on @dinikopi

2 komentar:

  1. Ralat mba, kalo soal speak-person saya anggkat tangan, cos saya gk pernah kuliah. Kalo masalah temen curhat kenapa harus ngelibatin wanita, karena wanita itu memang susuatu bangetlah, asik dan paling ngertiin banget. Kalo masalah nanya kalo lagi tersesat dijalan kayanya nggak banget deh tipe cowok yang kaya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi, surprisingly, banyak tipe cowok yang kayak gitu. Yang jadiin "bertanya" jadi prioritas ke sekian lah :P

      Hapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?