Minggu, 29 Mei 2016

#DinikahinAfghan: Checklist Lamaran

No comments    
categories: 
Memutuskan untuk nikah, udah. Minta restu orang tua, lancar jaya. Next stepnya adalah acara lamaran, yey! Sebenernya ngurusin acara lamaran itu kayak ngurusin mini-nikahan dalam versi yang lebih sederhana. Di postingan blog #DinikahinAfghan kali ini, bakal dikupas tuntas apa yang harus disiapkan untuk acara lamaran. Lumayan kan buat jadi gambaran kamu-kamu yang lagi berencana nikah.

Gambar dari sini

1.Tempat Lamaran
Ini jadi hal pertama kali yang musti dicek. Mau ngadain acara lamaran di mana? Di rumah cewek kah? Sewa restoran kah? Atau di gedung? Kalo di tempat lain selain rumah, pastiin kamu booking dari jauh-jauh hari biar tanggal lamarannya aman. Cielah, buat lamaran aja ketar-ketir tanggal, apa kabar nikah *pingsan bersama*

Biasanya sih, lamaran dilakukan di kediaman cewek. Jadi nanti keluarga cowok datang ke rumah calon mempelai cewek buat acara lamaran. Yah semacam mengunjungi keluarga cewek di teritorial pribadinya.

2. Waktu Lamaran
Enaknya sih ambil hari Sabtu atau Minggu untuk lamaran. Jadi keluarga yang diundang bisa datang tanpa ganggu waktu kerja. Kalau proporsi waktu yang tepat untuk lamaran sih menurut saya sekitar 3-5 bulan sebelum acara pernikahan. Tapi ada juga sih yang acara lamarannya setahun sebelum nikah, jadi istilahnya udah "diikat" dulu sambil mempersiapkan ijab kabul.

Nah, tinggal kamu rembukan deh sama keluarga, mau kapan melamar? Apakah hitungan kurang dari 6 bulan sebelum nikah, atau setahun sebelum nikah. Bebas-bebas aja tergantung kesepakatan bersama. Malah ada yang lamarannya 1 bulan sebelum nikah, tapi memang dari setahun ke belakang mereka udah siapin acara pernikahan. Jadi lamaran cuma acara kumpul keluarga dan buat kasih seserahan aja.

3. Cincin Tunangan
Beberapa pasangan masih punya tradisi tukar cincin pas lamaran, biar katanya ada "simbol pengikat" gitu. Beberapa lagi nggak pengen tukar cincin karena alasan agama, adat istiadat, atau simply nggak mau aja karena toh nanti bakal beli cincin nikah. Biasanya sebagian pasangan yang nggak mau tukar cincin pas lamaran, mengganti cincin dengan hadiah simbolik. Kayak kalung, gelang, kain khas daerah, atau kado lain dari calon mempelai pria.

Sebenernya kasih cincin buat lamaran atau nggak, udah disepakati oleh calon mempelai dan kedua belah pihak keluarga. Kamu bisa sesuaikan dengan yang paling nyaman dan nggak membebani. Yang penting kan komitmennya :')

3. Undangan Lamaran
Siapa aja yang mau diundang saat lamaran? Berapa orang? Biasanya sih hanya keluarga saja yang datang. Bisa hanya keluarga inti saja atau keluarga besar. Ngundang temen-temen terdekat juga boleh kok. Mereka yang terdekat sama kamu perlu mengikuti prosesi lamaran kamu. Sekalian silaturahmi sama keluarga besar dan teman terdekat dari dua pihak.

4. Isi Lamaran
Buat kamu yang bener-bener ngeblank banget soal ngapain sih acara lamaran itu, sebenarnya isinya adalah keluarga cowok datang untuk meminta restu anak laki-laki mereka bisa menikahi anak perempuan keluarga cewek. Jadi yang berbicara saat acara lamaran ini, adalah para orang tua (atau keluarga wali). Dan ditutup dengan makan siang bersama. Sambil makan siang, biasanya dilanjut dengan merencanakan tanggal pernikahan, jadi setelah acara lamaran selesai, tanggal udah fix tuh diketahui bersama.

5. Seserahan Lamaran
Biasanya di beberapa adat Jawa, seserahan diberikan saat lamaran, ada juga yang diberikan saat menjelang ijab kabul. Seserahan ini adalah simbol bahwa si cowok udah bisa menafkahi si cewek. Ditandai dengan keluarga cowok bawa hadiah untuk cewek berupa berbagai paket seperti: parsel kebutuhan kerja (baju kerja, alat kerja, sepatu, dll), parsel make-up dan toiletries, parsel kebutuhan hobi, parsel kebutuhan masak, dan lain-lain. Sedangkan cewek juga memberikan hadiah untuk keluarga cowok yang isinya kebutuhan yang sama. Biasanya jumlah seserahan cewek harus lebih banyak daripada cowok, dalam angka ganjil. Misal cowok kasih 5 kotak seserahan, cewek kasih cowoknya 3 kotak seserahan.

Untuk detail seserahan ini ada baiknya didiskusikan dulu sama masing-masing keluarga. Karena ini kan berhubungan sama adat dan kebiasaan. Dan yes, saat belanja seserahan ini biasanya si cewek ikutan, jadi seserahan itu bukan surprise isinya, malah belanja bareng :))

6. Dokumentasi
Ini sih tambahan aja ya. Kalo mau dokumentasi manual, aka difotoin sama keluarga sendiri ya monggo, atau mau hire videographer professional juga boleh. Bebaaaas, semampunya aja yah guys, jangan dipaksain :)

7. Make-up dan Wardrobe
Make-up dan wardrobe juga jangan dipaksain, euy. Bisa make-up sendiri atau dibantu keluarga, bajunya bisa jahit atau pinjem ke keluarga. Kalo ada rejeki mah, hayu atuh bikin yang outstanding sekalian, tapi liat-liat juga budget buat nikah dan after-life wedding yah.

Biasanya sih, untuk wardrobe, cewek pakai kebaya dengan kain atau dress panjang. Sedangkan cowok pake baju batik. Untuk keluarga, bebas aja. Mau diseragamkan pake warna yang sama, ya boleh. Warna-nya rupa-rupa juga silakan.

8. Menu Makan Siang
Biasanya acara lamaran dilangsungkan sebelum makan siang, jadi pas selesai prosesi lamaran, langsung makan siang bareng deh. Menunya apa? Kalau bisa sih, menu yang bisa dimakan sama dua belah pihak keluarga ya. Misal keluarga cowok dari Jawa, sedangkan yang cewek dari Sumatera. Ya take note bahwa makanannya jangan yang terlalu pedas. Paling aman sih emang makanan yang umum kayak sate, ayam, gado-gado, nasi timbel, dan lain-lain. Semua bisa makan kan. :D

--
Sekian recap chacklist lamaran di postingan #DinikahinAfgahn, kalo mau liat tulisan yang lain bisa klik di sini yaa :D

-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?