Minggu, 09 Oktober 2016

#DinikahinAfghan: Detik-Detik Menjelang Akad

No comments    
categories: 
Hari Sabtu adalah hari pernikahan saya, makanya semenjak hari Kamis, saya udah "dipingit" di rumah dan nggak ke luar-luar rumah. Ngapain aja? Kalau kamu membayangkan hari-hari penuh make-up, spa, pijat, dan lulur di salon kayaknya salah besar deh :)) Alih-alih mempercantik diri, saya ikut bantu-bantu masak (beberapa menu andalan nyokap, dimasak di rumah), nyuci piring, potong bawang, atau ngepel. Luluran juga sih, tapi nggak di salon, karena lebih puas sama hasil luluran sendiri daripada dilulurin mbaknya yang cuma digosok dua-tiga kali doang.

Plus waktu sebelum nikah itu, saya pegang 7 brand yang mana lagi banyak banget socmed activation, kuis, serta revisi. Jadi yah ketaker banget lah di rumah dengan banyak deadline dan bantu-bantu nyiapin nikahan. Malam sebelum nikah, saya babat habis semua deadline mendesak yang perlu dikerjakan besok, dan berniat untuk tidur cepat. Tapiiii, siapa sih yang bisa tidur cepat menjelang nikah. Nggak, belum deg-degan sih, tapi gatau rasanya excited beserta penasaran aja besok kayak gimana dan apakah berlangsung lancar apa nggak.

Sebelum tidur, saya sempet telpon-telponan sama pasangan untuk ngecek kabarnya. Kalo dia mah, seharian ngider-ngider ngurusin ini itu juga dan hampir ambruk juga gara-gara kecapean. Sama kayak saya, Afghan juga nggak bisa tidur nyenyak belakangan ini dan nggak enak badan karena kecapekan. Duh, pikiran saya mah cuma nyuruh dia minum vitamin dan nggak lupa sarapan aja, karena kebayang besoknya bakal "dipajang" seharian tanpa makan proper. Nggak lucu kan kalo pengantinnya pingsan :))

Mungkin karena kebanyakan mikir sambil mencoba tidur, saya akhirnya tidur juga. Entah tidur jam berapa, pas bangun nggak ada perasaan capek atau kurang tidur. Yang ada cuma adrenalin dan dopamin yang bikin saya melek. This is the day, kata saya dalam hati.

Gambar dari sini

Pagi-pagi udah mandi dan langsung sarapan. FYI, sebelum hari itu, saya udah diet berminggu-minggu (demi bajunya muat yawlaaaaa) dan akhirnya bisa sarapan proper, yaitu sarapan lontong sayur beserta kopi. Oh God, akhirnya udah hari H dan bisa makan dengan normal kembali :)) Saya juga dijejelin madu sama kakak sepupu katanya biar kuat berdiri di pelaminan sampe akhir hayat, eh salah, akhir acara maksudnya x))

Dandan dan pake baju akadnya sih lumayan lama juga. Sekitar 2-3 jam gitu, terus saya udah duduk manis di kamar nunggu calon suami dateng. Semenjak pagi, saya cuma ke dapur dan kamar doang, jadi nggak tau deh tuh siapa aja yang udah dateng buat akad dan gimana keadaan di luar rumah. Sambil main HP dan ngeliatin adek-adek didandanin, saya menghitung waktu sampai jam 9 pagi, jadwal akad nikah saya.

Sebelum calon suami dateng, saya mah selow aja. Malah sempet ngecek email kerjaan dan ngetweet juga. Nggak lama kemudian, dateng lah calon suami beserta rombongannya. Saya nggak bisa liat, cuma denger dari MC doang, soalnya musti di kamar ga boleh ke mana-mana. Pengantinnya diumpetin dulu hehe. Nah, dari situ mulai deh agak deg-degan. Adik saya berdiri di depan kamar dan melaporkan situasi ala-ala gitu kayak "Baru dateng kak keluarganya", atau "Kak Afghannya udah duduk di dalem tuh". Saya cuma senyum-senyum grogi aja.

Dimulai lah acara akad nikah, kayak penyerahan seserahan, pembacaan Al-Qur'an, serta khutbah nikah. Abis khutbah nikah, agak senyap deh tuh di luar. MC nggak lagi ngomong dan saya cuma bisa menerka-nerka apakah ini udah waktunya latihan ijab kabul? Tiba-tiba semua adrenalin dateng dan saya deg-degan grogi kayak anak kecil yang mau dipanggil namanya ke depan kelas. Ijab kabulnya kedengeran cuma sayup-sayup dan saya nggak tau gimana si calon suami melafalkan ijabnya.

Kayak flashback yang ada di film-film, tiba-tiba entah dari mana kebayang lagi perasaan pertama kali ketemu pasangan, gimana pasang surut hubungan kami, saat memutuskan menikah dengannya, masalah selama menyiapkan pernikahan, kebayang bentar lagi statusnya udah jadi seorang istri. Kepikiran sama bapak ibu juga karena dulu masih bisa manja-manja ga mau beresin kamar, diomelin karena males ngepel, eh tapi sekarang udah harus bertanggung jawab atas hidup sendiri karena sekarang udah "dilepas" sama orang tua. Adrenalin dan flashback ini bikin saya deg-degan sambil berdiri, karena udah ga sanggup duduk saking nervousnya.

Lalu semua orang berkoor "SAH" dan saya...... makin deg-degan. Oke, saya akan keluar dari kamar ini, kamar orang tua saya, dengan status baru. Saya akan keluar menemui suami sah saya, menemui orang yang selama ini ada di tiap saya sedih maupun senang. Oh my god, jadi udah sah nih nikahnya? Jadi udah nggak pacaran lagi nih? Udah sah jadi istri dari Afghan Elbanna? What a moment... I can hardly bare it, in a really good way.

Saya keluar dan orang yang pertama saya lihat adalah suami saya yang lagi pasang muka takjub liat saya pake kebaya putih. I love my akad outfit, kayak melambangkan kesucian dan keberanian seorang perempuan untuk berserah diri pada lelaki yang dipercayainya (tsaaah). I can't help but smile, senyum grogi dicampur malu-malu. Saya ngerasa lega dan kini groginya pindah dengan alasan saya yang jadi center of attention. Prosesi akad pun dilanjut dengan tanda tangan buku nikah, pembacaan janji suami, dan juga sungkeman.

OOTD outfit akad nikah

After all I felt that day, nangis saat sungkeman kayaknya hampir ga mungkin. Nervous dan senang rasanya mendominasi banget. Tapi saat perlahan mendekat ke orangtua, tangis saya tumpah. Seorang anak yang pamit keluar dari rumah karena sudah menemukan lelakinya, seorang anak yang ingat seberapa baik kedua orangtuanya membesarkannya dengan cinta, seorang anak yang meminta restu pada orang tua. Hidup memang terlihat logis, tapi saya percaya ada beberapa kesempatan dan jalan yang hanya akan lancar dengan restu orang tua.

Dan saya akan selalu ingat perkataan Bapak saya, seorang anak perempuan tetaplah anak orang tuanya meskipun sudah menikah. They still welcome me anywhere and anywhen.

Ngantri sungkeman be like.....

So here we are, udah sah #DinikahinAfghan


Ciyeee udah boleh cium-ciuuuummm

Sesudah prosesi akad nikah, kami sempet "dipajang" sebentar di pelaminan, lalu ganti baju kedua buat berdiri di pelaminan sampe jam 6 sore. Jangan nanya kapan makan siangnya, kami malah ga sempet nyobain beberapa menu di nikahan karena udah keburu ludes. Jadinya makan nyuri-nyuri waktu pas tamu udah ga banyak

Makan dulu kak biar ada tenaganya
Tanggal 30 Juli jadi momen tersendiri buat saya, semacam conscious tentang status diri dan keberanian menghadapi hari baru. Sampe sekarang pun kayak takjub dengan fakta "yassalam ternyata udah nggak single lagi, ternyata udah hidup serumah sama mantan pacar" hihihiiii. Buat yang belum nikah, jangan latah pengen nikah juga karena baca postingan ini yaaakkk:))

-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?