Senin, 18 September 2017

You Are Awesome, 2016!

No comments    
categories: 
Salah satu prinsip yang saya pegang dalam hidup adalah, make every single time counted. Pengennya sih setiap tahun selalu berubah dan mencapai hal yang lebih baik dari tahun sebelumnya. To make the memory alives, saya jadi pengen ngerekap (deuh bahasanya rekap, udah kayak lemburan) apa yang terjadi di hidup saya pada tahun 2016 ini

Gambar dari sini

1. Menikah
Kayaknya salah satu perubahan paling besar di tahun 2016 ini disebabkan karena saya menikah. Tahun 2016 diisi dengan mempersiapkan pernikahan di Januari 2016, sampai menikah di bulan Juli 2016. Begitu udah sah, langsung tinggal berdua doang sama suami di rumah kos sendiri. Pertama kalinya dalam hidup, saya bakal hidup lebih dari 24 jam sama orang yang sama, berhari-hari, berminggu-minggu, sampai bertahun-tahun.

Apa aja yang berubah setelah nikah? Banyak lah. Kayak pindah domisili dari Bekasi jadi di Jakarta, yang berarti lebih deket ke mana-mana dan "ga tua" di jalan. Sekarang ngurus apa-apa sendiri dan harus ngurus suami juga. Jadi tau deh gimana repot-tapi-seneng jadi seorang istri, mulai dari hal kecil kayak peka bikinin kopi buat suami walau lagi mager, harus lebih rapi dan rajin ngurus rumah, jadi lebih sering ngobrol sama nyokap soal hal kecil semisal gimana cara pilih freezer yang minim bunga es. Pokoknya, menikah bikin saya sedikit demi sedikit lebih mandiri dan disiplin. Harus, karena kalo ga dimulai dari istri, ga akan jadi kebiasaan seisi rumah. Perubahan domestik di rumah kan dimulai dari istrinya muehehehe

2. Belajar Memasak
Dulu tuh saya sering banget diusir dari dapur karena pertama ga bisa masak, alasan kedua karena lebih pilih cuci piring sama nyapu aja, ketiga kalo udah diajarin masak suka baper, keempat emang karena belum minat sama masak. Mendingan bersih-bersih rumah aja deh, daripada di dapur. Tapi kan gak bisa gitu kalo udah nikah :))

Kata nyokap, perempuan itu ga harus jago masak, yang penting bisa masak aja udah oke.Jadilah saya nyoba masak sedikit-sedikit. Pertama sih, masak kalo lagi pede aja. Tapi pas Desember 2016 kemarin, suami saya sakit lambung yang mengharuskan dia makan masakan yang kebersihannya terjaga. Jadi, saya mau ga mau harus masak tiap hari biar sakitnya nggak tambah parah. Setiap hari harus masak sayur dan lauk, ngurangin jajan di luar karena takut kambuh lagi penyakitnya. Dan voila, sampai sekarang saya jadi masak hampir setiap hari. Beberapa kali doang libur masaknya kalo lagi banyak agenda ke luar.

Karena masih pemula dan amatir, saya masak yang simple dan aman dulu. Kayak aneka sayur bening dan tumisan.  Kalo masakan yang pake santan, saya baru berani pakai bumbu jadi. Tapi di awal tahun 2017 ini, mau belajar masak yang aneh-aneh dengan bumbu racikan sendiri. Doain moga jam terbangnya makin banyak jadi masakannya makin enak. Yah, setidaknya enak di lidah suami aja udah alhamdulillah.

Masak sih tiap hari, tapi karena presentasi masaknya belum terlalu menggugah, jadinya ga banyak diupload ke social media. Jadilah saya sering dicap istri malas masak dan hobi jajan lantaran lebih sering fotoin jajanan daripada masakan sendiri. Yah gimana yah, abisnya kalo abis masak juga langsung laper jadi lebih kepengen dimakan daripada difoto. Mungkin nanti lah belajar fotografi flatlay biar pede foto masakan sendiri buahahaha :))

3. Gajian, Makan Apa?
Abis jajan, biasanya foto makanannya sering saya post di socmed, makanya dicap istri malas masak. Padahal mah....... *lah baper

Akhirnya karena saya punya banyaaaak banget foto jajanan, saya memutuskan untuk bikin Instagram @gajianmakanapa khusus untuk feed makanan. Inspirasinya datang setiap abis gajian yang bingung mau makan apa, padahal pas lagi tiris mah mau ini itu yang segudang. Jadi saya kepikiran, mungkin ada orang yang kayak gini juga. So, dibikinlah akun Instagram @gajianmakanapa sebagai feed inspirasi atau contekan mau makan apa sehabis gajian.

Belum terlalu banyak fotonya, masih perlu belajar terus soal fotografi makanan. Yang terpenting, harus beli gear mumpuni biar foto makanannya makin cakeup sih ya. Doakan semoga di tahun 2017 ini ada budgetnya yaa :D

4. Karir Yang Penuh Kejutan
Tahun 2016 ini tuh isinya surprise semua deh. Awal tahun 2016, saya masih freelance di salah satu digital agency di Jakarta Pusat. Betah banget di situ karena anaknya baik-baik, proyeknya oke, dan saya udah setahun kerja di sana. Lalu secara tak terduga, rekan kerja saya satu per satu resign, perubahan tim, dan brand baru yang demanding, sampai akhirnya sebelum menikah saya memutuskan resign dari digital agency itu karena udah ga kepegang akibat persiapan nikah. Life surprises me.

Lalu saya mencari kantor baru lagi, bukan hal yang mudah karena kenyamanan itu kan urusan hati yah, sama kayak nyari jodoh. Saya sempat di digital agency besar hanya untuk beberapa bulan, lalu resign karena perbedaan persepsi. Sampai akhirnya saya "menetap" di agency yang namanya belum kedengeran, tapi proyeknya besar-besar, gaji oke serta gak pernah telat, lingkungan yahud, orangnya baik-baik, dan menghargai keterlibatan setiap karyawan. Tetep, judulnya sih freelance, tapi sampai sekarang saya hampir setengah tahun kerja di sana dengan nyaman. Life surprises me.

Di tahun 2016 ini juga, saya pernah hampir pingsan mengurusi 7 brand di digital sambil mempersiapkan nikah. Saya ingat betul, masa-masa persiapan nikah saya malah kerepotan melunasi deadline, tidur dijatah, dan hidup hanya dari sokongan "adrenalin". Itu parah banget rasanya, banyak pemasukan sih tapi badan remuk. Saya cuma mau liburan waktu itu :))

Ups and downs banget deh karir di tahun 2016. Life surprises me in many ways!

5. Pelesir Bareng Suami
Tahun 2015 saya nggak liburan sama sekali karena kebanyakan kerja. Pernah sih rencana liburan ke Malang, tapi gagal dan harus gigit jari sepanjang tahun lantaran lebih banyak waktu buat kerja daripada buat plesir. Boro-boro jalan, bisa tidur aja udah untung, begitu kira-kira.

Nah beruntungnya, ternyata emang jatah liburan "numpuk" di tahun 2016, ihiy! Bayangin aja deh udah lama gak liburan, eh tiba-tiba langsung honeymoon bareng suami ke Bali. It was really special karena kami berdua belum pernah menginjakkan kaki ke Bali sebelumnya. Beneran deh, kalo orang mah bolak balik ke Bali, kami mah pas honeymoon itu lah ke Bali hihihihi. Jadi semuanya serba pertama dan apa-apa nyasar bareng. Makanya mengandalkan Google banget untuk review dan direksi.

Gak lama setelah honeymoon, malah diajak nyokap bokap buat ke Medan. Memang waktu itu karena ada saudara yang nikah sekalian mau sungkeman sama keluarga di Medan dalam rangka mengenalkan suami. Kalo ke Medan mah emang nggak ke mana-mana, tapi kulineran jalan terus. Rasanya gak komplit ke Medan tanpa makan sehari lima kali. Ada banyak banget makanan yang bisa dieksplor. Apalagi tau lah ya lidah orang Medan, rasanya abis makin nasi, ngemilnya sate, lalu cari es krim, terus bawa pulang durian. Duh say bye to timbangan aja, ga tega liatnya:))

Lalu tahun 2016 ditutup dengan tahun baru di Solo, kota kesayangan suami. Kenapa Solo? Karena kulinernya banyak dan Solo adalah tempat paling tepat untuk leyeh-leyeh. Kami berdua menghabiskan pergantian tahun baru 2017 di Solo. Nggak lama setelah liburan di Bali, eh keluarga gue nyusul ke Solo, tujuannya sih "mampir bentar" doang setelah mereka keliling Bali. Jadiii pergantian tahun baru 2017 dihabiskan dengan suami dan keluarga. Dan karena waktu itu masih freelance, kami pulang di saat orang lain udah masuk kerja. Sungguh kemewahan hakiki!

-----
Tahun 2017 ini ada banyak banget perubahan yang "menjungkirbalikkan" hidup beserta persepsi saya terhadap karir, hidup bersama, dan kedewasaan diri. Nanti ditulis lagi yaa serba serbi kehidupan saya di tahun 2017 kalo gak mager.



The secret of change is to focus all of your energy. Not on fighting the old, but on building the new - Socrates

-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?