Rabu, 08 Februari 2012

Nggak Hanya Mandi Sendiri

No comments    
categories: 
Apa sih arti dari mandiri?
Bisa mandi sendiri?
Buat saya, arti kata mandiri itu banyak sekali. Nggak sekedar bisa mandi sendiri.

Saya dilahirkan oleh seorang ibu yang dari kecil mendidik saya untuk bisa mandiri. Ditinggal kerja dari kecil, nggak takut di rumah sendiria, ditinggal pergi masak (eh ini mah masih deket :P), dibiasain untuk pergi-pulang sekolah sendiri, dan lain-lain.

Saking ngelotoknya prinsip mandiri ini, saya jadi terbiasa melakukan apapun sendiri dan bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang saya ambil. Mandiri disni juga berarti terbiasa tidak merepotkan orang lain. Ya terkesan jadi individual, tapi sebenarnya niat saya tidak begitu.

Kalo saya makan sendiri, ya biarkanlah. Saya nggak mau heboh cari temen makan dan keukeuh nggak mau makan sebelum ditemani. Kalo saya bersikeras untuk ngebolang sendiri atau pergi ke suatu tempat sendiri, ya biarkanlah. Itu artinya saya nggak mau merepotkann orang lain, karena bisa ada aja resiko nyasar, kehabisan ongkos, kepanasan di jalan, dan lain-lain. Biarlah saya yang nanggung seorang diri. Toh bisa dibawa fun. Dan masih banyak contoh lainnya, dimana saya lebih nyaman untuk sendiri dan nggak mau bawa-bawa orang lain.





Makanya, karena terbiasa dari kecil untuk mandiri, saya suka nggak ngerti sama orang yang kayaknya semua hidupnya bergantung pada orang lain, kalo ada salah eh malah menuding orang lain, nggak bisa beraktivitas kalo nggak ada yang nemenin, menuntut orang-orang untuk memprioritaskan dirinya, yah hal-hal senada itu. Sumpah, nggak ngerti. Bahasa kasarnya, "Geez, lo nggak pernah diajarin nyokap lo buat mandiri ya?"

Yah namanya juga prinsip. Konsep mandiri ini udah nempel banget di saya. Bahkan sampe urusan curhat pun, saya nggak mau. Karena saya pikir, biarlah masalah saya, cuma saya aja yang tahu. Paling mentok ya curhat sama pacar. Udah sama satu orang itu doang, nggak pernah sama yang lain. Nggak mau merepotkan, dan males aja buat cerita-cerita gitu.

Jadi, buat kamu kamu yang terbiasa untuk menggantungkan hidupmu sepenuhnya sama orang lain, yuk coba dilihat dulu, sebenarnya bisa lho itu kerjaan/aktivitas dikerjain sendiri dan menanggung hasilnya sendiri, nggak pake bawa-bawa orang lain.

Sincerely,
me


-- hit me on @dinikopi

0 respon:

Posting Komentar

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?