Senin, 09 Mei 2016

#DinikahinAfghan: Kalimat Populer ke Calon Manten

2 comments    
categories: 
Ini udah H min berapa bulan menuju #DinikahinAfghan. Tiap kali saya ketemu temen atau saudara, pasti topik nikah ini dibahas. Kadang cuma bisa senyum miris aja, di rumah dan saat kencan sama pacar omongannya udah soal bahas nikah, eh pas ketemu orang lain yang dibahas soal nikah juga. Merencakanan pernikahan pasti stress dong diajak ngobrol soal nikah terus. Belum kelar ini itu, yassalam kuatkan hati Barbie :))

Gambar dari sini

Jadiiiii, ini dia berbagai omongan orang yang pasti kamu denger kalo orang-orang udah tau kamu mau nikah:

1. Jadi mana undangannya?
Ini adalah pertanyaan paling sering yang diajukan sama orang-orang. Biasanya ada pertanyaan tambahan lagi semisal "Jadi mana nih undangannya? Rencananya mau nikah tanggal berapa? Gue diundang kan?". Saya cuma bisa ketawa hehehehe aja deh kalo gini. Mau curhat soal proses pembuatan undangan udah sampe sekian persen nanti jadi panjang. Jadi paling dijawab dengan "Hehehe, ditunggu ya undangannya".

Soal tanggal nikahan juga kan pamali ya disebut. Saya cuma mau sebut bulan nikah sama orang-orang terdekat aja sih. Kalo sama temen-yang-baru-nongol-sesekali nggak akan saya sebut. Nanti ajalah pas undangan udah siap dibagikan nanti juga mereka tau tanggal berapa :P

2. Mau nikah di mana? Pake adat apa?
Dan sederet pertanyaan teknis soal nikah kayak "udah cari souvenir belum?", "cateringnya di mana?", atau "bajunya jait apa sewa?". Ini bingungin sih. Kalo saya jawab serius nanti jadi curhat dan bikin pusing sendiri hehehe. Karena di rumah dan sama pacar hal ini adalah topik utama kami, eh pas di circle luar ditanyain lagi tuh rasanya pengen sodorin laporan progres persiapan pernikahan deh :))

Biasanya sih kalo orang nanya gini, ujungnya adalah mereka rekomendasiin vendor favorit mereka serta berbagai tips-tips nikah dengan budget murah tapi hasilnya memuaskan. Jadi kalo dapet pertanyaan model gini ga usah diseriusin, tanya balik aja ke mereka soal vendor bagus yang mereka tau. Biar kamu si calon manten juga nggak pusing juga menanggapinya :D

3. Calon manten kok malah gemukan?
Aaaakkk jadi saya gemukan? Apa kabar kebaya dan baju yang harus muat serta wajib terlihat fabulous di depan kamera saat hari H? Hahahaha. Apalagi kalo kamu udah rencana diet-diet sebelum nikah tapi masih dibilang gemukan juga sama orang lain. Sedihnya :(

Di sinilah peran calon suami yang sebaiknya bilang "kamu cantik kok sayang, omongan orang nggak usah didenger ya". :P

4. Kok malah jerawatan?
Nah ini nih lanjutan dari pertanyaan sebelumnya. Setelah mengomentari berat badan (lalu diikuti tips diet terkni atau diet yang pernah berhasil dicoba), orang akan komentar soal muka dan badan kamu. Pealing dong, harus sering-sering facial lho, seminggu sebelum Hari H harus rutin ke salon, lulurannya kapan tuh, pake obat muka apa aja, dan lain-lain.

Terus ditutup dengan kalimat pamungkas: Emang harus berusaha dan ngerawat badan biar keliatan cantik di Hari H, sekali seumur hidup lho, masa ga mau keliatan cantik pas difoto. x))))

5. Abis nikah mau tinggal di mana?
Kalo kamu masih bulan-bulan awal ngerencanain nikah terus dikasih pertanyaan gini pasti bingung deh. Fokus ngurusin printilan nikahan aja masih bagus, belum kepikiran mau tinggal di mana abis nikah. Palingan tinggal ditanya balik aja "ada rekomendasi kontrakan yang murah dengan harga miring nggak?". Pasti kamu juga jadi kebantu sama si penanya kan.

Tiap pasangan baru kan juga pengen udah punya rumah dan langsung pindah abis nikah. Tapi beberapa di antara mereka lagi nyari kontrakan atau hunian buat berdua aja dulu. Sambil ngumpulin DP rumah bareng, ihiy!

6. Ketemu di mana sama calon suami/istri?
Biasanya ini ditanyain sama saudara sih. Mereka penasaran kamu dan pasangan itu ketemu di mana pertama kali. Temen sekolah atau temen kantor kah? Terus biasanya ada pertanyaan lanjutan "calonnya orang apa?". Jadi nanya suku/ras si calon. Misal saya yang Sumatera mau nikah sama mas-mas Jawa, nanti pasti diceletukin "Wah nanti Lebaran tahun depan pulang kampungnya udah ke Jawa ya bukan Medan lagi". Gituuu :D

7. Kalo ada yang bisa gue bantuin, bilang ya!
Ini pasti datang dari sahabat kamu :')
Precious banget sih mereka nawarin tenaga atau jasa apa yang bisa dibantu, nggak pengen sahabatnya pusing sendirian. At least punya temen curhat biar unek-unek soal pernikahannya plong gitu. Menjaga kamu tetap "waras" di hecticnya wedding preparation.

8. Serta berbagai pertanyaan detail lainnya
Kalau ngobrol soal pernikahan sama saudara tuh pasti detail dan bikin bingung. Karena ya namanya acara nikah kan haknya calon mempelai dan keluarga intinya. Memang sih ada beberapa pasangan yang melibatkan keluarga besar, tapi kalo nggak ada peran yang jelas takutnya malah kebanyakan kepala terus acaranya jadi awur-awuran. Karena semuanya punya mau sendiri. Emang sih niatnya baik mau bantuin, tapi hak spesial ini kah harusnya ada di tangan calon mempelai dan keluarga intinya.

Biasanya kalo ketemu saudara, mereka curious soal kayak apa pesta pernikahan kamu, apa yang bisa mereka bantu, tanya soal keluarga calon, kesiapan mental nikah kamu, mau honeymoon di mana, sampe nanyain rencana punya anak kapan. Tuh kan agak-agak ajaib memang. Beberapa pertanyaan terasa sangat privat, sampe sebaiknya nggak usah dijawab dengan serius dan mendetail ala curhat gitu. Apalagi menyangkut hal-hal yang perlu didiskusikan bareng pasangan doang.

--
Menghadapi orang-orang yang senang, antusias, plus penasaran menghadapi pernikahan kamu emang perlu trik sendiri biar kamu nggak salah ngomong atau melewati batas. Ada baiknya sebelum keluar dan ketemu orang lain, kamu udah bahas ini bareng sama pasangan dan keluarga inti. Jadi tau mana yang bisa diomongin ke orang mana yang nggak.

Buat kamu yang lagi merencakan pernikahan dan diberondong pertanyaan-pertanyaan ini, semangat ya! Jangan lupa me-time biar tetap bahagia dan "waras". Tenang, abis nikah bakal plong kok. Karena akhirnya semua proses merencanakan pernikahan ini bakal lewat. You will survive :D

PS: baca juga postingan #DinikahinAfghan yang lain. Don't missed it :D

-- hit me on @dinikopi

2 komentar:

  1. Waaaah gini ya kalau mau menikah :D jadi besok kudu siap btw sukses ya untuk pernikahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gini rasanya dibombardir sama pertanyaan absurd hehehe. Nanti pasti ngerasain kok, pas ngerasain sendiri, yang tabah yaa :')

      Hapus

Itu sih kata @dinikopi, menurut kamu?